Pemasaran konten adalah bagian dari pemasaran internet yang bisa membawa brand Anda makin dikenal oleh konsumen. Dengan pemasaran konten yang tepat Anda bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke blog, membangun reputasi dan branding yang lebih solid, dan secara keseluruhan bisa meningkatkan pendapatan usaha yang Anda tekuni karena tentunya konsumen lebih memilih produk yang dikenalnya dengan baik dan relevan dengan kebutuhannya. Pemasaran konten memang bisa menggunakan dana yang tidak sedikit namun bukan berarti tidak ada hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan budget yang lebih sedikit. Ini dia triknya.

Menerbitkan konten yang lama

Jika dilakukan dengan tepat, merilis ulang kembali konten yang lama menjadi konten yang nampak baru bisa membantu meningkatkan efisiensi pemasaran konten tanpa biaya yang besar. Cari posting-an satu atau dua tahun lalu yang memiliki performa di atas rata-rata kemudian Anda bisa mengedit judul headline-nya atau menambahkan elemen yang baru pada konten dengan editing sederhana sana-sini agar artikelnya tampak lebih baru. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengubah URL-nya agar konten tersebut tidak kehilangan kualitas SEO yang sudah dicapainya.

Mengubah format konten ke media yang berbeda

Membuat konten untuk menjaga relevansi kepada konsumen Anda tidak harus membuat konten yang sama sekali baru. Anda bisa memodifikasi konten lama yang sukses menggunakan media yang baru. Misalnya membuat artikel menjadi dalam bentuk infografis, atau membuat video berdasarkan poin-poin utama konten tersebut dan merilisnya ke platform yang berbeda. Bisa juga mengumpulkan konten-konten yang relevan satu sama lain untuk menjadi bahan ebook, atau memecah isi konten menjadi post Facebook atau Twitter yang lebih ringkas.

Membuat konten berseri

Untuk membuat konten yang baru dibutuhkan riset yang juga memakan biaya dan juga waktu. Untuk menghemat biaya brainstorming konten yang baru berikut dengan risetnya, Anda bisa membuat konten berseri bulanan mengenai topik tertentu yang paling diminati oleh audiens Anda. Misalnya untuk Anda yang memiliki niche kosmetik, bisa membuat artikel berseri bulanan mengenai topik perawatan kulit, dan sebagainya.