Membangun bisnis online dengan modal minim terdengar sangat sulit, bagaimana tidak karena untuk membangun sebuah bisnis tentunya di butuhkan modal yang besar bahkan ada yang rela menjual aset-aset berharganya demi membangun bisnis yang menguntungkan. Tetapi di sini saya akan memberikan sebuah jalan bagi teman-teman yang ingin membangun bisnis online sendiri tetapi dengan modal yang minim.

Yang sangat penting sebelum membangun sebuah bisnis adalah memikirkan produk atau jasa apa yang benar-benar ingin di tekuni dalam bisnis tersebut hanya bermodalkan sebuah akun sosial media, BBM ataupun lainnya. Jika sudah di pastikan produk atau jasa yang akan di jual, maka selanjutnya adalah bagaimana membangun bisnis dengan modal yang minim.

Berikut adalah cara membangun bisnis online dengan modal minim, yaitu :

1. Sistem Affiliasi
Affiliasi adalah bisnis yang saat ini sedang banyak dijalankan oleh banyak internet marketer baik di luar negeri atau pun di dalam negeri. Bisnis Affiliasi ini dapat di jalankan walau tanpa modal karena kita tidak mesti memiliki produk terlebih dahulu, tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui blog, social media, email, dan lain-lain. Dari Pihak Penjual pertama atau supplier, kita akan mendapatkan komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual sesuai perjanjian.

2. Menjadi Reseller
Mirip dengan sistem Affiliasi yaitu hanya dengan menawarkan produk atau jasa tanpa harus menstok di rumah, namun beda nya dengan menjadi reseller kita bisa mengambil keuntungan sendiri dengan cara mark up atau menaikkan harga sendiri. Biasa nya dari pihak supplier akan memberikan potongan harga untuk para reseller

3. Menggunakan Sistem Dropship
Sistem Dropship sama seperti Reseller, hanya bermodal memasang foto pada Fanspage, BBM, atau sosmed lainnya. Saat pembeli sudah deal, maka kita sebagai dropshiper hanya tinggal menghubungi dan melunasi pembayaran, lalu barang akan di kirim dari pihak supplier dengan menggunakan nama pengirim atas nama kita sebagai dropshiper. Dengan menggunakan sistem ini maka akan memperkecil pengeluaran modal, namun pastikan bahwa pihak supplier yang bersangkitan sudah terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

4. Bisnis MLM online
MLM atau Multi Level Marketing bisa juga di jalankan secara online. Saat ini sudah banyak bisnis MLM yang sedang berjalan baik dari fashion, herbal ataupun kebutuhan rumah tangga lainnya. Bisnis ini pun tidak memerlukan modal besar hanya pendaftaran sebagai member di awal dan pemesanan barang yang sesuai dengan permintaan pembeli saja.

5. Membuat Blog Sebagai Tempat Pemasaran Produk
Setelah semua sistem sudah di jalani, maka hal yang terpenting lainny adalah membangun blog sebagi tempat pemasaran produk. Tujuannya di sini adalah sebagai identitas si penjual, selain dapat menampilkan produk atau jasa secara lebih detail, dalam sebuah blog pun bisa di ketahui siapa pemilik online shop tersebut.

Membangun sebuah bisnis online akan mudah di jalani jika kita mengetahui cara melakukan internet marketing yang baik. Jangan pernah menyerah karena sebuah usaha tanpa di sertakan dengan ketekunan maka semua kaan sia-sia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Terima Kasih 🙂