Jika Anda masih beranggapan mengandalkan media sosial untuk menjangkau konsumen di ranah online saja sudah cukup, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali. Pengaruh media sosial memang bisa memberikan dampak yang besar bagi brand, Anda pasti juga tidak asing dengan gembar gembor jumlah pendapatan para influencer yang hanya mengandalkan media sosial untuk “menjual” bidang keahliannya. Namun di balik gemerlapnya dunia media sosial, ada hal yang lebih penting dalam internet marketing yang lebih kuat dibandingkan media sosial yaitu membangun email lists.

Masih relevankah email di tahun 2018?

Justru Anda akan merasakan manfaat yang lebih besar jika memiliki email lists yang kuat dibandingkan dengan hanya mengandalkan media sosial saja. Bayangkan jika karena suatu hal akun media sosial Anda harus ditutup yang menyebabkan Anda kehilangan audiens dan juga leads karena data para pengikut Anda tidak Anda pegang daftarnya. Anda tidak bisa melakukan follow up untuk terus menunjukkan eksistensi brand Anda kepada pengikut-pengikut media sosial Anda yang tentunya menyebabkan kehilangannya pendapatan dan komunitas yang sudah terbangun di media sosial.

Berbeda jika Anda memiliki email lists yang bisa Anda memindahkan audiens Anda ke platform lain atau ke web-hosting yang lain . Dari situ kemudian bisa melanjutkan strategi email marketing yang bisa meningkatkan traffic, meningkatkan konversi, meningkatkan brand awareness, masih bisa berkomunikasi dengan target audiens Anda, dan sebagainya.

Bagaimana caranya mendapatkan email lists?

Sebelum masuk ke tahapan ini, yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat situs web, karena media sosial tidak efektif dan efisien untuk mengumpulkan email dari audiens Anda. Kemudian tempatkan email box di tempat-tempat yang strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung misalnya pada bagian tepi halaman, pada bagian bawah, maupun dengan menggunakan pop up. Hati-hati jika menggunakan pop up untuk membuat email box karena seringkali mengganggu apalagi jika tidak ditemukan tombol close-nya.

Berikan tawaran yang menarik

Sekedar memasang email box pada halaman situs Anda saja belum cukup. Buat pengunjung merasa diuntungkan dengan memberikan email-nya secara sukarela dengan berbagai macam keuntungan yang bisa Anda berikan. Misalnya dengan memasukkan email, pengunjung bisa mendapatkan kupon diskon, bisa mendapatkan ebook gratis, atau video tutorial gratis, bisa mendapatkan sampel-sampel produk gratis, dan sebagainya.