Di era internet sekarang ini, sudah banyak orang menggunakan internet untuk usaha. Anda yang belum mengebangkan usaha untuk ini pasti bertanya – tanya, Apa sih untungnya internet marketing? Anda tidak perlu bingung lagi. Di sini akan dijelaskan secara singkat agar Anda paham apa itu internet marketing dan apa saja kelebihannya.

Apa itu Internet Marketing?

Internet marketing pada dasarnya adalah proses pemasaran dengan media internet. Marketing pada dasarnya adalah pemasaran, jadi apapun medianya Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan usaha Anda. Contoh media tradisional adalah TV, dalam marketing melalui media TV hal yang paling dibutuhkan adalah seberapa sering iklan usaha Anda muncul dan apakah iklan tersebut menarik untuk diingat.

Di dunia internet marketing hal ini sedikit berbeda. Di sini Anda membiarkan para calon konsumen mencari sendiri kebutuhan mereka. Pemasaran tidak dilakukan dengan menyodorkan produk usaha Anda tapi dengan membuat konten marketing Anda mudah ditemukan.

Misalnya saja usaha Anda berbentuk toko roti. Untuk internet marketing Anda membuat website untuk proses pesanan online dan mempromosikan berbagai menu baru yang dibuat atau yang akan Anda pasarkan. Untuk memudahkan para calon konsumen menemukan website Anda, bisa saja Anda membuat judul website yang unik. Hal lain adalah dengan membuat website Anda search engine friendly dengan SEO.

SEO bisa dicapai dengan mengupdate website Anda dengan rutin dengan konten yang banyak di cari. Bayangkan Anda menggunakan Google, bayangkan kata yang berhubungan dengan website Anda dan gunakan hal tersebut untuk membuat konten. Misal saja kata ini adalah roti pelangi, Anda bisa membuat konten yang menjelaskan tentang roti pelangi lalu menawarkan pesan roti tersebut lewat website toko Anda.

Apa Kelebihan Internet Maketing?

Dari gambaran internet marketing di atas, Anda bisa membayangkan banyak pengunjung yang akan mengetahui tentang usaha Anda. Hal lain yang penting adalah pengunjung yang datang memang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Dari contoh website toko roti di atas, hanya pengunjung yang mencari info yang datang ke website Anda.

Bisa dibayangkan pula Anda jualan roti tanpa perlu membuka toko jika menggunakan internet marketing. Tidak perlu modal buka toko dan konsumen yang datang dengan mudah merupakan daya tarik utama dari internet marketing. Mudah – mudahan info ini memudahkan Anda dalam memahami internet marketing.