Mengenal Apa Itu Email Marketing – Email Marketing yang bisa di artikan sebagai pemasaran melalui media email atau di sebut juga dengan email blast. Dalam arti yang lebih spesifik lagi Email Marketing adalah sebuah pesan komersial dengan sistem marketing langsung ke sekelompok orang yang menggunakan email. Biasanya berupa iklan, penawaran bisnis atau penjualan produk / jasa yang bisa berisi teks, gambar atau video.

Kenapa Harus Email Marketing ?

Di dunia dengan tingkat teknologi yang semakin modern segala sesuatu nya menjadi lebih mudah dengan adanya email, yang pastinya semua orang pun dituntut untuk memiliki email baik untuk keperluan bisnis, pribadi, media sosial, dll. Dalam menjalankan proses digital marketing pun tak luput dari sebuah akun email.

Memanfaatkan email untuk pemasaran merupakan strategi marketing yang efektif. Karena penawaran yang di kirimkan melalui emai akan secara langsung diterima oleh para calon pelanggan melalui inbox email mereka. Dengan begitu kita dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial.

Apa Saja Type Email Marketing?

Ada 3 type email marketing yang biasa dilakukan oleh para pengusaha online, yaitu :

1. Direct Email Marketing
Direct Email adalah email yang dikirim berupa penawaran atau promosi suatu produk atau jasa. Pesan yang terdapat didalamnya biasanya berupa text atau iklan multimedia semenarik mungkin seperti Brosur, Katalog, Kuisioner, dsb. Metode Direct Email ini cocok bagi perusahaan atau industri yang sedang mengenalkan dan mempromosikan produk atau jasa barunya, yang ingin menginfokan mengenai diskon, undian, promo dsb.

2. Retention Email Marketing
Retention email adalah email yang dikirimkan untuk pelanggan lama agar tetap terjalin hubungan baik dengan bisnis kita. Email yang berisi pesan care kepada pelanggan lama akan lebih mudah dalam memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan cara  pendekatan yang unik.

3. Beriklan Pada Publisher Email Marketing
Beriklan Pada Publisher Email Marketing atau beriklan di Email Orang Lain cara melakukannya adalah dengan memanfaatkan email list dari publisher lain, bisa dengan membayarkan kepada mereka agar mau mengirimkan email list dimana nantinya di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.

Hal – hal yang harus di hindari dalam melakukan email marketing adalah jangan mengirimkan email dengan cara bertubi – tubi karena akan di nilai sebagai spam. Dalam membuat email marketing yang baik ada Tips Membuat Konten Email Blast Yang Menarik agar email tersebut tidak di anggap spam.