Mengenal The Onion Router (TOR) BrowserTOR adalah sebuah jaringan terowongan virtual yang memungkinkan orang atau kelompok untuk meningkatkan privasi mereka dan keamanan di Internet. Tor pada awalnya dirancang, dilaksanakan, dan disebarkan sebagai proyek Routing generasi ketiga AS Naval Research Laboratory. Kemudian dikembangkan Oleh Angkatan Laut AS untuk melindungi komunikasi pemerintah.TOR saat ini sudah mulai digunakan untuk berbagai tujuan oleh masyarakat, militer, wartawan, aparat penegak hukum, aktivis, dan banyak lainnya yang biasanya tidak ingin diketahui identitasnya saat melakukan aktifitas atau berkomunikasi di internet. Secara khusus para pengguna TOR Browser dapat digolongkan seperti orang-orang dibawah ini:

1. Orang biasa
2. Wartawan dan penonton
3. Aparat penegak hukum
4. Aktivis & Pelapor
5. Tinggi & rendah profil orang
5. Eksekutif bisnis
6. Blogger
7. Militer
8. IT Profesional

Untuk cara kerja TOR misalnya dari aplikasi TOR Browser kita menulis sebuah data dan data tersebut tidak dikirim begitu saja. Sesuai dengan namanya “The Onion Router” yang berarti “Rute Bawang”, Bawang yang memiliki beberapa lapis sebagai pengantar pesan yang nanti nya akan masuk ke bagian utama.

Untuk lebih jelasnya dapat melibat gambar di bawah ini

Mengenal The Onion Router (TOR) Browser
Selain sebagai pengamanan dalam berselancar secara anonim di internet, TOR juga bisa menembus Firewall yang dibangun dikantor, dikampus, disekolah dan bahkan Firewall negara sekalipun, dan TOR juga dapat digunakan untuk mengunjungi “Deep Web”. Baca apa yang dimaksud dengan Deep Web

TOR mirip seperti software VPN yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet secara anonim. Karena di dalam deep web terdapat banyak sekali hacker yang bisa saja mengancam keamanan berinternet, maka TOR bisa melindungi dari hal tersebut.