Hello, AMPs

Link Building adalah cara mendapatkan backlink menuju website kita, untuk bida mendapatkan backlin kita harus pahami terlebih dahulu cara mengetahui backlink berkualitas.

Backlink adalah salah satu faktor penting yang digunakan didalam teknik SEO, tapi tak semudah yang kita bayangkan. Tidak semua link yang kita tanam untuk masuk kewebsite kita itu baik atau berkualitas.

backlink berkualitas

Ada beberapa teknik yang perlu kita pahami sebelum kita menanam backlink diwebsite lain, karna Google sudah mengubah kebijakannya untuk backlink.

Jika tetap dipaksakan memasang backlink yang tidak berkualitas maka tidak akan berdampak apapun kewebsite kita, bahkan bisa berdampak buruk untuk jangka panjangnya.

Sesuai dengan peraturan google yang baru, mereka menginginkan backlink yang alami dan berkualitas.

“Link building terbaik adalah link building yang terlihat seolah-olah seperti bukan link building” – Matt Cutts

Seperti apa backlink yang benar?

Seperti yang sudah disebutkan tadi backlink yang baik adalah  Alami dan Berkualitas.

Alami berarti didapatkan secara sukarela atau atas ijin dari pemilik website lain sedangkan berkualitas berarti berasal dari website  aktif dan memiliki reputasinya yang baik dengan Domain dan Page Authority yang tinggi.

Bagaimana cara yang baik melakukannya?

  • Punya website & konten yang berkualitas
  • Mempromosikan konten  kepada orang lain
  • Kita direkomendasikan melalui websitenya
  • Ikut aktiv menyumbang artikel di blog

Starategi Mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Punya Konten Berkualitas

Seperti yang biasa kita lihat saat searching yang berada diatas selalu konten yang terbaik yang berkualitas, meskipun google hanya mesin tetapi dia bisa melihat konten yang berkualitas atau tidak, dengan cara melihat dari persentase Bounce Rate.

2. Intip backlink dan strategi milik kompetitor

Strategi yang satu ini terbilang cukup ampuh, kita pastinya akan merasa “jengkel” jika melihat kompetitor kita selalu berada diatas

Dengan Strategi ini kita bisa melihat backlink dari kompetitor dengan cara dan mengikuti cara dari kompetitor kita, tapi  tetap hati-hati dengan link jenis spam, hindari website yang memiliki kualitasnya rendah jika  tidak ingin mendapatkan resiko.

3. Guest blogging

Guest blogging adalah menulis di blog orang lain. ini merupakan salah satu cara utama bagi kalian yang serius dalam mempromosikan sebuah blog atau website.

Sebelum melakukannya ada beberapa yang perlu kita ketahui,

Inilah ciri-ciri website yang bagus untuk guest blog:

  • Topiknya cocok dengan website kita
  • Memiliki traffic yang tinggi
  • Umurnya sudah lebih dari 1 Tahun.

4. Broken link building

Startegi yang satu ini sebenarnya meminta link dari website lain tetapi dengan cara yang sedikit cerdik ;D

Mari pahami dahulu broken link building :

link dari suatu halaman website ke website lain yang sudah tidak berfungsi, saat di-klik. halamannya sudah tidak ada.

Biasanya disebabkan domainnya kadaluwarsa, artikelnya dihapus atau alasan lainnya. Jika mendapatkan link yang seperti ini saatnya kita beraksi dengan menginfokan kepemilik jika linknya tidak berfungsi dan meminta pemilik website mengganti link yang sudah mati untuk diganti dengan link website kita, tentunya relevan.

Begitulah sedikit Cara Mengetahui Backlink yang Berkualitas Link Building di atas, tentu masih banyak cara dan teknik lainnya mendapatkan backlink yang alami dan berkuliatas.

Kalian bisa belajar cara lainnya untuk mendapatkan backlink yang alami dan berkualiats dengan belajar di DUMET School sebagai penyedia kursus digital marketing yang tepat.