Internet marketing secara harfiah memiliki arti pemasaran melalui media internet. Dalam arti luas internet marketing merupakan langkah yang digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Artinya bukan hanya berjualan produk secara online akan tetapi segala macam kegiatan yang mendatangkan penghasilan dari internet bisa dinamakan sebagai internet marketing. Adapun beberapa jenis internet marketing bisa mendatangkan penghasilan menjanjikan dan bahkan dapat dijadikan sebagai pekerjaan harian. Apa saja jenis tersebut.

PPS (Pay Per Sale)

Dari judulnya sudah jelas bahwa kita dituntut untuk mempromosikan sebuah produk kepada member atau teman online kita yang nantinya setiap pembelian bisa mendapatkan komisi dari produsennya. Jadi semakin banyak produk yang terjual dengan promosi yang dilakukan maka semakin banyak komisi atau keuntungan yang didapatkan. Sesuai dengan namanya dibayar per produk yang sudah terjual.

PPC (Pay Per Click)

Tak ubahnya seperti PPS, PPC menggunakan sistem penghasilan berdasarkan jumlah klik yang didapatkan. Ketika surfing di internet seringkali kita mendapati sebuah website yang dipenuhi dengan iklan baris ataupun iklan gambar. Itulah salah satu contoh penghasilan yang didapatkan dari klik. Jadi setiap klik pada gambar atau teks tersebut dapat menghasilkan uang untuk penghasilan. Jadi semakin banyak klik yang menandai banyaknya pengunjung semakin banyak penghasilan yang diterima.

PPL (Pay Per Lead)

Artinya kita akan dibayar sesuai dengan jumlah orang yang ikut mengisi formulir pendaftaran sebuah vendor. Tentunya sering kita mendapati tawaran vendor yang inginkan banyak pengisian formulir atau leads dengan asumsi bergabung dengan pihak vendor tersebut. Dengan cara inilah nantinya kita akan dibayar sesuai dengan jumlah leads atau formulir yang diisi dan dikirimkan ke vendor.

Reseller atau Dropshipper

Terakhir adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper yang membantu orang lain mempromosikan barangnya. Bedanya jika menjadi reseller maka terdapat stok barangnya yang kita pegang sedangkan dropshipper hanya ikut mempromosikan dengan harga yang telah dirubah sesuai dengan keinginannya dalam mengambil keuntungan. Cara ini dianggap sebagai cara bisnis paling aman karena tidak mendatangkan kerugian yang signifikan mengingat hanya menjadi perantara pembeli dan produsen produknya. Akan tetapi hasil yang didapatkan bisa dibilang menjanjikan sesuai dengan tujuan internet marketing.