Email blast yang di gunakan sebagai media promosi tidak semua nya dapat diterima dengan baik oleh para pembaca, terkadang email yang di kirimkan akan masuk ke dalam spam email. Untuk menghindari spam otomatis email blast harus di perhatikan konten yang akan di sampaikan. Selain membuat konten email blast yang menarik ada beberapa cara untuk menghindari spam otomatis, yaitu :

  1. Hindari penulisan dengan menggunakan Capslock atau huruf besar seluruhnya pada konten email.
  2. Hindari penulisan pesan yang banyak dipenuhi link pada isi konten (maksimal link yang bisa kita gunakan yang wajar adalah 3-4, selebihnya email kita bakal dianggap sebagai spam oleh layanan email tersebut)
  3. Hindari kata kunci seperti “klik disini”, “jaminan uang kembali”, “mendesak segera kunjungi web kami” dan lain sebagainya yang terdengar seperti kalimat-kalimat menjebak pembaca.
  4. Hindari pengiriman dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang hampir bersamaan
  5. Mempertimbangkan Paket Email Hosting, apabila anda butuh aktivitas broadcast massal
  6. Hindari penulisan email yang mengandung konten berbahaya, penipuan, konten yang dianggap “jorok” atau konten lain yang dianggap mengganggu

Selain pada konten email yang dikirimkan, hal lain yang dapat menjadi penyebab email dianggap sebagai spam adalah dari alamat IP server yang digolongkan dalam Blacklist. Seperti Yahoo, Gmail, dan beberapa layanan lain punya daftar blacklist yang berisi alamat IP yang terindikasi sering melakukan SPAM. Dikarenakan aktivitas kirim terima email dari banyak akun pengguna server dihitung sebagai satu alamat IP. Apabila ada satu pengguna ‘bandel’ yang melakukan spam, maka pengguna lain (satu IP) akan kena blacklist pula.