Populernya pemasaran dengan menggunakan internet adalah hasil dari perubahan perilaku manusia yang kini makin banyak bergantung dengan jaringan internet dalam setiap aspek kehidupannya. Salah satu tantangan dalam internet marketing adalah trennya yang selalu berubah-ubah. Apa yang berhasil Anda lakukan tahun lalu belum tentu sukses di tahun ini karena perilaku interaksi manusia pengguna internet yang senantiasa baru. Namun jangan khawatir, Anda bisa siap untuk menghadapi tantangan baru dalam strategi pemasaran internet dengan berpegang pada tren baru berikut ini.

1.     Tinggalkan email list building

Tahun lalu mereka yang punya sederet daftar email mungkin memang mendominasi permainan. Anda pun mungkin juga sudah mengantongi daftar email dan leads yang siap untuk menjadi senjata tempur Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang jitu. Namun di tahun 2018 ini memiliki daftar email yang segudang belum memiliki arti yang signifikan. Yang harus Anda lakukan adalah menjaga relevansi dan membangun kepercayaan dengan mereka yang benar-benar Anda butuhkan. Jadi fokuskan untuk memberikan solusi yang tepat pada orang-orang yang tepat pada waktu yang tepat.

2.     Setor muka pada leads  yang paling relevan

Berusaha meningkatkan brand awareness kepada konsumen dengan cara muncul di mana saja  dan kepada semua orang adalah investasi yang kurang efisien dan hanya membuang banyak waktu, tenaga, dan tentu saja uang. Anda bisa mendapatkan awareness yang tinggi dengan menargetkan visibilitas hanya pada leads yang benar-benar relevan dengan bisnis Anda. Kini makin banyak perusahaan mengeluarkan banyak uang untuk menarik perhatian dari calon konsumennya, Anda yang juga berlaku sebagai konsumen tentunya muak melihat pesan yang sama meski dari brand yang berbeda. Gunakan peluang ini untuk tampil lebih menonjol dan curi perhatian mereka yang bosan dengan pesan dan kampanye yang tidak signifikan.

3.     Multiplatform tidak boleh ditinggalkan

Sebelumnya menggunakan berbagai macam platform untuk branding memang membutuhkan banyak biaya. Namun sekarang Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah. Konversikan konten yang Anda miliki ke berbagai macam platform untuk mendapatkan leads dari masing-masing platform yang berbeda-beda. Misalnya mengubah konten video Anda menjadi blog artikel yang mendalam pembahasannya, membuat artikel yang Anda unggah menjadi episode podcast, dan sebagainya.