Mencari lahan yang terletak di lokasi strategis untuk berjualan semakin sulit saja saat ini. Tempat yang memiliki prospek bagus biasanya mahal dan sudah ada pemiliknya. Sehingga anda kesulitan untuk menarik pelanggan. Jika hal ini terjadi pada bisnis anda, anda tak perlu khawatir. Mungkin ini saatnya bagi anda untuk memulai bisnis online. Untuk menjalankan bisnis ini, anda tak perlu susah-susah mencari lahan strategis. Yang anda perlukan hanya menjual produk anda melalui media sosial, marketplace, atau toko online.  Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan saat berjualan pada ketiga channel ini.

Berjualan lewat media sosial

Jika anda memilih channel ini sebagai tempat jualan online anda, pastikan anda berteman dengan banyak orang atau memiliki banyak likes untuk halaman sosial media anda. Untuk memperoleh likes, anda dapat menarik pengguna media sosial dengan meme lucu, tips bermanfaat, dan kuis. Sehingga, mereka tidak melulu dicekoki dengan iklan dan promosi produk. Sesekali, anda juga perlu memposting testimoni pembeli. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa gambar produk anda jelas dan menarik. Sehingga, mereka akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Berjualan lewat marketplace

Ada banyak marketplace yang dapat anda pilih, contohnya Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan OLX. Berjualan di marketplace umum sebenarnya memiliki keterbatasan tertentu. Anda akan sedikit kesulitan membangun reputasi. Selain itu, anda memiliki banyak pesaing dalam memasarkan produk. Walaupun begitu, berjualan lewat marketplace sangat cocok untuk anda yang kesulitan mengelola web.

Berjualan lewat website toko online

Jika anda mengerti banyak tentang pembuatan website dan pengelolaan website, anda dapat membuat toko online anda sendiri.  Ada beberapa platform yang bisa anda gunakan untuk membuat toko online. Anda perlu membayar biaya bulanan atau tahunan untuk website online store anda. Walaupun begitu, anda memiliki keleluasan untuk membangun brand awareness. Dengan permainan keyword pada halaman produk, anda dapat meningkatkan ranking toko online anda di mesin pencari. Selain itu, anda juga dapat menarik pengunjung dengan tips-tips membeli suatu barang. Sehingga, web tersebut memiliki banyak pengunjung.