Peluang bisnis baru terus bermunculan berkat keterlibatan berbagai produk teknologi. Keterlibatan dan pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari – hari menjadi salah satu sumber datangnya peluang bisnis baru. Bisnis online atau bisnis berbasis internet kini semakin menjamur. Salah satunya berkat kemudahan mengakses internet dan banyaknya pengguna internet yang semakin dimudahkan dengan penggunaan perangkat smartphone. Meski terkesan mudah dan praktis; bisnis online juga butuh persiapan dan pengelolaan yang serius jika ingin bertahan lama dan meraih keuntungan secara berkelanjutan. Ada beberapa bahan pertimbangan merancang bisnis berbasis internet yang dapat memperlancar aktivitas mengelola bisnis di bidang tersebut.

Internet membuka peluang bagi pelaku bisnis untuk menemukan konsumen dengan lebih mudah. Batasan geografis tidak lagi menjadi masalah dalam transaksi melalui pasar online. Kemudahan transaksi keuangan yang lebih mudah dan dukungan layanan pengiriman paket sangat memudahkan praktek bisnis online. Salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan untuk memperbesar peluang menjalankan bisnis dengan sukses adalah menjual produk atau jasa yang unik. Produk atau jasa yang unik mungkin terkesan minim konsumen; namun di sisi lain juga minim persaingan. Media internet yang memiliki jangkauan pemasaran lebih luas dapat memperbesar target konsumen bagi produk – produk unik yang dianggap minim peminat. Bagi pelaku bisnis online yang tidak memiliki produk unik; mengelola persaingan dengan baik bisa menjadi kunci sukses. Memberi nilai lebih bagi produk yang terbilang umum dapat menjadi strategi jitu dalam bersaing. Menawarkan harga lebih murah untuk pembelian borongan atau bonus dapat membuat produk yang umum ditemui menjadi lebih diminati.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam praktek bisnis online tentu saja berupa promosi. Kegiatan promosi memiliki beberapa tujuan seperti menyebarkan informasi mengenai produk atau jasa yang dijual dan sebagai bentuk pencitraan bagi pelaku usaha ataupun merek yang digunakan. Membangun citra positif dan menyebarkan informasi produk yang dijual harus menjadi tujuan utama promosi yang komersil. Memberi layanan berkualitas dan integritas tinggi dalam pelayanan juga dapat menjadi kunci sukses bisnis online yang banyak melibatkan faktor saling percaya ketika melakukan transaksi.