Keyword Density yaitu jumlah banyaknya kata kunci yang ada di dalam suatu konten yang dibuat. Jadi contohnya : jika Anda menuliskan sebuah artikel, seluruhnya berisi 700 kata. Artikel yang Anda bahas misalnya mengenai “sejarah” nah nanti dari 700 kata tersebut akan dicari kata “sejarah” ini ada berapa banyak. Saya ambil contoh ada 7 kata “sejarah” maka keyword density nya ada 7/700 atau setara dengan 1%. Untuk keyword density biasa ditampilkan dengan satuan persen (%).

Para ahli Google menyarankan bagi Anda yang memiliki konten website, disarankan ideal nilai Keyword Density nya 0.5% – 3% agar tidak terlalu banyak keyword di dalam konten artikel yang Anda buat dan mencegah terjadinya spam.

Keyword yang ditempatkan di tempat yang rancu malah akan mengurangi traffic pengunjung. Saat ini, Google sudah bisa membaca arti sebuah kalimat dan saya sarankan Anda untuk membuat konten artikel yang se-original mungkin agar web Anda tidak terkena pinalty ataupun Google Sandbox.

Presentase keyword density yang tepat dalam satu postingan akan berbuah positif untuk peringkat postingan tersebut di Search Engine Result Page (SERP).