Internet marketing dengan menggunakan media sosial bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan saat ini. Apalagi internet sudah merajai segala bidang khususnya dalam hal bisnis dan komunikasi. Bahkan bisa dibilang mayoritas penduduk Indonesia saat ini sudah aktif dan memiliki satu media sosial di smartphonenya. Oleh karena itulah mengoptimalkan internet marketing di media sosial menjadi salah satu cara tepat untuk meraih banyak keuntungan. Bagaimana caranya?

Menentukan Media Sosial yang Digunakan

Cara yang pertama tentu saja dengan menentukan satu media sosial terlebih dahulu sebagai induk dari bisnisnya. Tentunya pemilihan media sosial yang akan digunakan didasari oleh sasaran dari produk yang akan di tawarkan. Jika segmen yang dituju anak muda maka instagram atau twitter menjadi media sosial yang tepat. Namun jika sasarannya lebih umum dan menyeluruh maka bisa dengan menggunakan facebook sebagai pilihan utama. Jika sudah kemudian lanjutkan dengan mencari teman atau pengikut sebanyak mungkin untuk meningkatkan traffict yang ada pada akun media sosial tersebut.

Tentukan Konsep Promosinya

Setelah menemukan sasaran dan media sosial yang akan digunakan maka langkah selanjutnya adalah menetapkan konsep promosinya. Artinya, sebuah produk tidak bisa begitu saja ditawarkan dan dipromosikan tanpa adanya konsep didalamnya. Jika menengok pada produk yang terkenal akan ditemukan bahwa setiap promonya memiliki konsep yang sama. Sekali lagi konsep disini juga harus mempertimbangkan sasarn produknya. Jika sasarannya anak muda maka bisa dibuat promosi dengan gaya santai dan humoris. Adapun jika sasaran umum maka bisa dibuat lebih resmi atau formal sehingga memiliki kesan yang berwibawa dan kuat.

Strategi Konten dan Promosi

Berikutnya adalah mengenal strategi konten dan promosi untuk memperluas pemasaran. Strategi konten tentunya memiliki arti bahwa konten yang dimuat dapat dengan mudah mendiskripsikan produk. Semakin baik konten yang dimuat semakin banyak yang tertarik untuk melihatnya. Sedangkan strategi promosi bisa dicontohkan dengan waktu. Artinya ada waktu dimana traffict internet begitu padat sehingga menjadi jadwal yang tepat untuk promosi. Waktu sore hari hingga menjelang waktu tidur merupakan waktu terbaik untuk mempromosikan sebuah produk. Namun demikian yang diperlukan utama adalah konsistensi dalam mengenalkan produknya.