Pastikan Karyawanmu Punya Media Sosial – Media sosial sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hampir semua orang memiliki media sosial. Bahkan pengguna tidak mengenal batas usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga yang dewasa aktif menggunakan media sosial.

Media sosial sangat membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Namun di dalam kemudahan tersebut juga ada dampak positif dan negatifnya. Berikut penjelasan mengenai dampak negative dan positif dari penggunaan media sosial.

Dampak positif :

  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai ajang memperbanyak teman
  • Sebagai wadah berbagi foto, video, dokumen, pesan suara
  • Sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis kita

Dampak negatif :

  • Lupa waktu karena keasyikan menggunakan media sosial
  • Munculnya tindak kejahatan
  • Menimbulkan sifat candu

Mungkin mayoritas dari pemilik bisnis atau pimpinan tim merasa dalam mengakses media sosial akan memberikan pengaruh buruk bagi para karyawannya. Namun sebaiknya karyawanmu memiliki media sosial. Mengapa? Yuk simak beberapa alasannya.

1. Sebagai berita dan informasi

Peran media sosial saat ini bukan hanya untuk update status atau sekedar eksis, tapi juga sebagai media informasi yang dapat dibaca oleh banyak orang. Contohnya untuk content marketer, mereka membutuhkan informasi terbaru apa saja yang sedang banyak dibicarakan orang sehingga memunculkan ide baru.

2. Sebagai jaringan komunikasi

Media sosial sebagai tempat dimana manusia bisa menjalin komunikasi lebih bebas dan luas. Contohnya tenaga penjualan akan membutuhkan jaringan yang luas untuk mengenal orang baru. Bisa saja mereka bergabung dengan komunitas di media sosial sehingga terjalin hubungan pertemanan dengan banyak professional lain yang sebidang.

3. Sebagai relaksasi

Media sosial cukup efektif untuk mengatasi masalah bosan atau jenuh. Membuka halaman media sosial selama beberapa menit akan membuat kita lebih fresh. Namun penggunaan media sosial ini ada batasannya juga, jangan sampai kita lupa waktu karena menggunakan media sosial dan pekerjaanpun menjadi terbengkalai.

4. Personal branding

Ketika karyawanmu mencantumkan informasi bahwa mereka bekerja atau berhubungan dengan bisnis kita, maka secara tidak langsung mereka bisa menjadi perwakilan untuk membangun jaringan yang lebih luas. Ketika pendekatan dengan calon konsumen yang dilakukan secara personal menggunakan akun media sosial karyawan, maka calon konsumen tersebut akan lebih mudah percaya serta akan terjalin komunikasi yang lebih natural.

Dari keempat alasan diatas, maka dari itu kalian harus pastikan karyawanmu punya media sosial. Jika karyawanmu menggunakannya dengan baik dan bijak, tidak akan ada kerugian yang menghampiri kita, malah sebaiknya perusahaanmu akan mendapatkan beberapa benefitnya 😉