Hallo kawan-kawan UKM, artikel kali ini yang Saya akan bahas adalah mengenai Pengelolaan Sumber Daya Manusia Melalui Analisis Jabatan. Langsung saja simak berikut ini apa saja yang harus dilakukan dalam mengelola sumber daya manusia.

Analisis jabatan adalah suatu proses untuk membuat uraian pekerjaan sehingga nantinya dapat diperoleh keterangan-keterangan pekerjaan untuk menilai jabatan tertentu. Adapun tujuan adanya analisis jabatan dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk mengisi suatu jabatan tertentu di dalam perusahaan sebagai berikut.

  1. Untuk memberikan suatu pengertian tentang unsur-unsur jabatan yang terkandung dalam tiap-tiap jabatan di dalam perusahaan.
  2. Merupakan dasar dari program-program manajemen kepegawaian di dalam perusahaan.
  3. Untuk menyelidiki tugas, proses, tanggung jawab, dan tentang masalah pekerjaan di perusahaan.
  4. Untuk menetapkan suatu pekerjaan suatu pekerjaan yang cocok bagi pegawai / karyawan di dalam perusahaan.
  5. Untuk memberikan keterangan cara melaksanakan pekerjaan di dalam perusahaan.

Cara Menganalisis Jabatan

Salah satu cara menganalisis jabatan sumber daya manusia sebagai tenaga kerja adalah dengan daftar pertanyaan. Untuk menentukan kualifikasi sumber daya manusia sebagai tenaga dapat diajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.

  1. What worker does, pertanyaan ini harus memberikan jawaban tentang pekerjaan fisik dan modal yang harus diberikan kepada pegawai / karyawan yang akan memangku suatu jabatan tertentu.
  2. How he does it, pertanyaan ini harus memberikan jawaban tentang bagaimana pekerjaan itu dilakukan.
  3. Why he does it, pertanyaan ini harus memberikan jawaban tentang mengapa pekerjaan itu harus dilakukan dan apa hubungannya dengan tugas yang lainnya.
  4. The skill invoive in the doing, pertanyaan ini harus memberikan jawaban tentang kecakapan yang perlu dimiliki oleh pegawai / karyawan, agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

Sekian dari Saya artikel mengenai Pengelolaan Sumber Daya Manusia Melalui Analisis Jabatan. Semoga apa yang Saya sampaikan kali ini bermanfaat untuk kalian. Jika isi dari artikel ini ada yang sama seperti sumber lain mohon dimaklumi.