Hallo teman-teman UKM, semoga kabarnya sehat selalu ya, artikel kali ini yang Saya akan bahas adalah mengenai Pengelolaan Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi dan Actuating. Pada artikel sebelumnya Saya membahas tentang pengelolaan SDM melalui promosi. Oke, langsung saja simak berikut ini seperti apa pengelolaan SDM melalui motivasi dan actuating.

Pengelolaan SDM Melalui Motivasi

Motivasi adalah suatu perangsang dan pendorong bagi para pegawai / karyawan agar bekerja lebih giat dan produktif. Motivasi merupakan salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia berupa pemberian inspirasi, semangat, dan dorongan kepada pegawai / karyawan agar mereka dapat bekerja dengan baik sesuai dengan keinginan wirausaha. Perencanaan pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan dilakukan dengan cara memberi motivasi kepada para pegawai melalui pemberian insentif semimaterial dan insentif material.

Pengelolaan SDM Melalui Actuating

Kegiatan actuating (penggerakan) pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan akan memperoleh hasil yang maksimal apabila wirausaha memperhatikan faktor-faktor sebagai berikut.

  1. Memberikan dorongan untuk maju serta mengembangkan potensi pegawai.
  2. Memperlakukan sumber daya manusia dengan sebaik-baiknya.
  3. Mengusahakan adanya keadilan kepada pegawai tanpa pilih kasih.
  4. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan sumber daya manusia.
  5. Menghargai hasil pekerjaan pegawai / karyawan yang produktif.
  6. Menanamkan keinginan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bekerja secara produktif.
  7. Memberikan kesempatan dan bantuan yang cukup kepada pegawai.

Sekian dari Saya artikel mengenai Pengelolaan Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi dan Actuating. Semoga apa yang Saya sampaikan kali ini bermanfaat untuk kalian. Mohon dimaklumi jika sebagian dari artikel ini ada yang sama dengan artikel website lain.