Google Adsense. Adalah satu program yang dimiliki oleh Google untuk bisnis di dunia internet dengan cara memasang iklan tentang suatu website/blog tersebut. Bagi yang ikut bergabung di Google Adsense, akan memiliki penghasilan dari mesin pencari raksasa yaitu Google. Nantinya member akan mendapatkan uang dari Pay Per Click. Iklan website/blog akan dibayar oleh Google sebanding dengan jumlah click di iklan yang telah di pasang. Kalau website/blog Anda memiliki jumlah traffic pengunjung yang banyak setiap harinya, maka Anda bisa berpeluang besar untuk mendapatkan gaji pasif dari Google.

Manfaat untuk Anda para pemilik website/blog dengan menggunakan Google Adsense adalah mampu berpenghasilan tiap bulannya hanya dengan Pay Per Click. Ini juga sebagai bukti bahwa banyak pembisnis online yang sukses berkat bantuan dari Google Adsense. Penghasilannya juga akan berbeda antara satu website dengan website lainnya. Jelas tidak akan sama karena jumlah click dari pengunjung pun pastinya berbeda.

Cara kerja Google Adsense yaitu dengan empat pengguna yang saling berkaitan. Pemasang iklan, penyedia layanan, publisher dan juga konsumen.
Pemasang&Penyedia Layanan Iklan : Pengguna Google Adsense harus mampu memanfaatkan penyedia layanan iklan untuk dapat memasarkan produk yang telah dimiliki. Tidak sembarang orang bisa beriklan di Google Adsense, karena beriklan di Google Adsense harus memiliki tools. Tools yang telah disediakan oleh Google yaitu Google Adword dan kalian harus memiliki akun Google Adword tersebut.

Jika kalian sudah memiliki akunnya, Anda bisa mengajukan permohonan untuk memasang iklan dan memanfaatkan fasilitas yang ada di Google Adword. Anda dapat memilih jenis iklan apa yang akan dipilih. Dan tentunya itu dikenakan biaya sesuai dengan kesepakatan dengan Google.

Publisher : adalah orang-orang yang membantu Google untuk mempromosikan iklan-iklan di advertiser yang sudah terdaftar di Google. Mereka akan mempromosikan iklan Anda melalui website/blognya. Maka, jika Anda berminat untuk menjadi seorang publisher Anda harus memiliki website/blog. Untuk menjadi publisher tidak dipungut biaya sama sekali.

Konsumen : Pengguna layanan internet yang tertarik dengan iklan yang telah dipasang dan mereka akan klik iklan tersebut untuk mendapatkan informasi secara detail. Dengan demikian tujuan si pemasang iklan terkabulkan. Oh iya, tentunya si pemasang iklan akan dikenakan biaya dengan memasang iklan tersebut tapi tidak kepada publisher. Publisher akan mendapatkan keuntungan dari Google sesuai dengan biaya yang telah disesuaikan.