Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberitahu Pengertian OEM dan ODM Serta Perbedaannya.

Kita pasti sering mendengar istilah OEM dan ODM pada perusahaan yang bergerak di bidang Manufacturing. ODM merupakan singkatan dari Original Design Manufacturer sedangkan OEM merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Dua hal tersebut saling berhubungan dalam hal manufacturing. Manufacturing merupakan kegiatan di bidang industri yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi yang dapat dijual dan bermanfaat bagi pengguna.

Kegiatan di bidang industri tersebut di antaranya seperti mendesain, merencanakan, dokumentasi, pemilihan, pembelian bahan baku, produksi, pengontrolan kualitas dan penjaminan kualitas produk.

Pengertian OEM (Original Equipment Manufacturer)

Yang dimaksud OEM, yaitu suatu perusahaan yang merancang dan memproduksi produk (komponen atau barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukannya dan dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut lalu mendistribusikan produk tersebut. Spesifikasi yang dimaksud OEM, yaitu spesifikasi produk yang ditentukan oleh perusahaan OEM. Jadi, perusahaan OEM memproduksi produk nama perusahaan lain, lalu perusahaan pembeli memasarkan produk tersebut di bawah merk mereka sendiri. Dalam bahasa Indonesia OEM disebut dengan Produsen Peralatan Asli.

Pengertian ODM (Original Design Manufacturer)

Yang dimaksud ODM, yaitu suatu perusahaan yang merancang dan memproduksi produk (komponen atau barang jadi) sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan pembeli. Produk yang diproduksi tersebut lalu dijual ke perusahaan pembeli. Perusahaan pembeli tersebut memasarkan produk tersebut di bawah merk mereka sendiri.

Salah satu perusahaan ODM terbesar di dunia, yaitu Foxconn Technology Group merupakan perusahaan multinasional asal Taiwan yang memproduksi berbagai macam produk terkenal seperti Blackberry, Iphone dan Ipad milik Apple, Playstation milik Sony, Xbox one milik Microsoft, Wii U milik Nintendo dan masih banyak lagi.

Perbedaan OEM dan ODM

Perbedaan penting dari perusahaan OEM dan ODM, yaitu spesifikasi produk dimana perusahaan OEM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi perusahaannya sendiri, sedangkan perusahaan ODM merancang dan memproduksi produk berdasarkan spesifikasi yang ditentukan perusahaan pembelinya.

Saat ini banyak perusahaan besar pemilik merk menggunakan jasa OEM dan ODM untuk memproduksi produk mereka, sehingga mereka tidak perlu melakukan investasi yang besar dalam menyediakan gedung, fasilitas produksi, mesin dan peralatan produksi serta tenaga kerja untuk melakukan produksi. Jadi, ongkos produksi menjadi lebih murah dan dapat meningkatkan profitabilitas serta meningkatkan daya saing perusahaan.

Itulah sedikit informasi mengenai Pengertian OEM dan ODM Serta Perbedaannya. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.