Di zaman modern ini, semua hal dapat dijual secara online. Terbukti dengan banyaknya orang yang memanfaatkan dunia maya sebagai media promosi, melakukan transaksi dan sejenisnya. Walaupun ada yang mengatakan bahwa bisnis online itu mudah, tapi sebenarnya cukup sulit, terutama bagi pemula. Bisnis online membutuhkan kerja keras dan kerja keras, apalagi kita dituntut untuk memiliki ilmu pemasaran online.

Penyebab Bisnis Online Sulit Berkembang

Faktor utama kesuksesan bisnis online ialah karena barang atau jasa yang ditawarkan memiliki banyak peminat. Hal itu tidak lepas dari kualitas barang dan teknik pemasaran yang baik. Tapi, sayangnya tidak semua orang bisa menerapkan dan mengembangkan bisnisnya karena terkendala beberapa hal, seperti:

  1. Tidak menguasai teknik pemasaran online. Sebetulnya ada banyak ilmu pemasaran online yang harus dikuasai oleh pelaku bisnis. Salah satu trik tersebut adalah memilih keyword atau kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Keyword sendiri digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan situs atau iklan produk di search engine. Misalnya, apabila Anda menjual produk fashion, tidak perlu mencantumkan kata-kata yang rumit di website. Cukup gunakan keyword yang sederhana dan populer untuk memudahkan calon konsumen menemukan lapak Anda. Contoh sederhananya seperti: Jual fashion wanita termurah atau jual dress cantik murah dan sebagainya.

  2. Halaman website kurang menarik. Tampilan situs sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis Anda. Orang tidak akan tertarik untuk melihat-lihat dan bertransaksi dengan Anda apabila website terlihat acak-acakan. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk memperbaikinya sehingga bisa membuat calon konsumen tertarik untuk menjelajahinya.

  3. Kurangnya pemasaran via media sosial. Walaupun telah mempunyai website, Anda tidak boleh malas melakukan promosi di media sosial. Sebab, tidak semua orang mengetahui alamat website Anda.

  4. Kurangnya mitra atau networking. Dalam membangun bisnis, memiliki mitra atau networking merupakan hal yang sangat penting. Mitra disini maksudnya seperti reseller atau dropshipper yang membantu memasarkan produk Anda.

Meskipun banyak yang sukses di bisnis online, tapi tak sedikit pula yang mengalami kegagalan. Jika Anda tidak ingin menjadi salah satu orang yang gagal, hindari hal-hal yang menyebabkan bisnis online Anda sulit berkembang.