Menulis merupakan kegiatan yang telah dilakukan dari dulu sampai sekarang, selalu berdampingan dan berkembang seiring evolusi. Hasil dari evolusi kosa kata, contohnya seperti Copywriter dan Content Writer, terlihat sama tetapi berbeda artinya. Banyak orang yang kesulitan untuk memahami perbedaan antara copywriter dan content writer, tetapi jika kita tau isi tujuan tulisan antara keduanya akan mudah menentukan tulisan copywriter dan tulisan content writer.

Dalam sebuah kasus yang sama copywriter dan content writer menjual sebuah barang atau jasa. Nah, di sini tugas seorang copywriter dalam tulisannya harus berpikir bagaimana caranya agar para pembaca langsung bertindak (take action) untuk membeli barang tersebut. Sedangkan seorang content writer harus bisa mempengaruhi para pembaca agar membeli barang tersebut dengan informasi tulisan yang diambil dari berbagai referensi agar para pembaca percaya dengan informasi tentang barang atau jasa yang dijual.

Singkatnya:

  • Copywriter : build action
  • Content writer : build trust

Dari penjelasan singkat di atas, tentu kalian sudah paham maksud dari dua kalimat tersebut, contoh seperti berikut ini.

  • Copywriter dengan content writing adalah good action,
  • Content writer dengan copy writing adalah good trust.

Contoh Copywriting

copywriting promo dumetschool

Contoh Content Writing

content writing promo dumetschool

Catatan

Lebih simple membedakan content writer dan copywriter, yaitu content writer membuat tulisan yang penting enak dibaca dan orang-orang suka dengan tulisannya tersebut, sedangkan copywriter selalu menyebutkan keyword di dalam sebuah tulisannya yang tujuannya untuk mempromosikan produk tersebut.

sumber: blog.aizeindra.com/2015/01/perbedaan-copywriter-dan-content-writer.html