Dari dulu sampai sekarang banyak orang yang masih bingung yang dimaksud dengan CV dan resume. Sebenarnya keduanya hampir sama, tetapi ada sedikit perbedaan di isi, tujuan dan panjang tulisan. Sebelum melamar pekerjaan kepada perusahaan, persiapkan terlebih dahulu CV atau Resume kalian dengan baik. Namun, sebelum membuat CV atau resume, pahami Perbedaan Antara CV dan Resume Lamaran Pekerjaan berikut ini.

CV (Curriculum Vitae)

Biasanya ditulis lebih panjang daripada resume dan terdiri lebih dari dua halaman yang menjelaskan riwayat latar belakang pendidikan, penghargaan serta prestasi apa saja yang telah tercapai oleh kalian selama ini. CV disampaikan per kategori dan lebih detail daripada menulis resume yang disampaikan secara ringkas.

Resume

Seperti yang tadi saya bilang di atas, resume dibuat secara ringkas yang berisi data tentang keahlian, pengalaman dan pendidikan kalian yang ditulis kurang dari dua halaman. Kalian harus ingat, jangan buat resume lebih dari dua halaman. Tujuan dibuatnya resume adalah untuk menyampaikan kualifikasi kalian secara singkat, jelas dan padat, sehingga mudah dimengerti walaupun tulisannya pendek.

Catatan

CV atau Resume perlu mencantumkan informasi kontak (nama, email & alamat), pendidikan, keahlian dan pengalaman. Selain itu, cantumkan penghargaan, beasiswa, prestasi yang pernah kalian raih. Tambahkan informasi lainnya yang berhubungan dengan posisi yang ingin kalian terima. Ingat, kalian tidak perlu mencantumkan foto, riwayat gaji, alasan berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya serta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya, lalu referensi harus dilampirkan secara terpisah dan berdasarkan permintaan pihak perusahaan baru.

Itulah sedikit informasi mengenai Perbedaan Antara CV dan Resume Lamaran Pekerjaan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.