Strategi pemasaran dengan menggunakan media internet biasa di sebut dengan internet marketing atau digital marketing. Pada teknik Digital Marketing ini kita pastinya akan lebih banyak menggunakan media internet, salah satu pemasaran pada media internet yaitu dengan memasangkan iklan pada salah satu search engine yang terkenal yaitu Google. Google sendiri selain sebagai search engine juga mempunyai tempat untuk metode pemasangan iklan, di antaranya Google Adwords dan Google Adsense.

Google Adwords dan Google Adsense sama – sama sebagai media pengiklan dari google. Lalu dimana perbedaan ?
Berikut akan saya jelaskan mengenai perbedaan Google Adwords dan Google Adsense :

1. Google Adwords

Google Adwords adalah sebuah media untuk membuat iklan yang akan muncul pada halaman hasil penelusuran Google yang relevan dan jaringan situs mitra google. Sampai saat ini Google Adwords masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan

Google Adwords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:

  1. Sistem Pay Per Million Impressions (PPM), yaitu para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.
  2. Sistem Pay Per Click (PPC), yaitu para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

2. Google Adsense

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan diselenggarakan oleh Google kepada para pemilik situs. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Sistem pada Google Adsense yaitu :

  1. Sistem Pay Per Click (PPC), Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs
  2. Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral)
  3. pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Disini Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Itulah perbedaan Google Adwords dan Google Adsense, untuk kwalitas periklanan sama bagus nya hanya media periklanan yang di gunakan berbeda.