Bagi beberapa orang awam orang sukses itu hidupnya enak, karena hidupnya kaya, mempunyai rumah mewah, mobil mewah, maupun mempunyai banyak uang. Padahal untuk mencapai sukses itu perlu kerja keras dengan melakukan hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain, dan disebut sukses apabila kesuksesan itu bermanfaat bagi orang lain disekitar kita, kesuksesan itu tidak hanya berupa materi, tapi kesuksesan itu bisa berupa non materi. Nah, Saya akan berbagi tips sukses untuk menjadi pengusaha yang Saya kutip dari ukmsukses.com yang didapatkan dari bapak Chairul Tanjung.

Bekerja Lebih

Kata pak CT untuk dapat meraih sukses, kita harus mampu bekerja lebih, caranya yaitu lebih keras, lebih lama, lebih efektif, dan lebih cerdas. Menurut CT biasakanlah sejak muda bekerja lebih dari 8 jam sehari. Dengan cara ini akan membuahkan hasil daripada orang biasa yang hanya bekerja 8 jam sehari. Dengan bekerja seperti itu lebih efektif dua kali daripada orang biasa, yang hanya ke kantor membaca koran, internetan, telponan dan lainnya yang kurang efektif. Selain itu bekerja lebih cerdas, yaitu membaca buku lebih banyak dari orang lain, diskusi lebih banyak sehingga bisa dua kali lebih cerdas dari orang biasa. Nah, dengan bekerja lebih tersebut kita akan menjadi berbeda dengan orang lain yang biasa saja.

Kepercayaan

Pesan dari CT bahwa modal atau kunci sukses paling utama seorang pengusaha adalah kepercayaan. Jangan kebanyakan berjanji, jagalah kepercayaan, jagalah nama baik dengan sungguh-sungguh. Kita boleh kehabisan uang atau modal, tetapi jangan sampai kita kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Motivasi

Di dalam cerita CT ia memiliki motivasi yang kuat, bahwa awal ia ingin menjadi pengusaha adalah mau membantu menghidupi keluarganya. Lalu ketika impian itu terwujud ia mempunyai motivasi yang baru lagi yaitu ingin keluarganya punya rumah yang layak. Setelah itu, CT membuat dirinya semangat untuk menjadi lebih sukses lagi yaitu ingin membina keluarganya sendiri dengan sukses.

Uang Bukan Segalanya

Banyak orang berpikiran jika ingin menjadi pengusaha sukses harus mempunyai modal uang yang sangat banyak, padahal menurut CT mental dan pola pikir seperti itu tidak cocok untuk menjadi pengusaha. Memang kita harus punya modal, tetapi tidak harus uang. CT berpendapat, ada banyak modal yang bisa digunakan selain uang, contohnya jaringan, kepercayaan dan kejujuran. Semua pengusaha harus mempunyai semua modal tersebut. Selain itu CT mengingatkan juga modal lainnya yang paling penting adalah nama baik. Dengan mempertahankan nama baik bisnis kita dijamin dapat berkembang dan maju.

Cari Mitra yang Tepat

Tips dari CT, jika bisnis bisa kita tangani sendiri, maka lakukanlah sendiri. Namun, jika butuh bantuan, maka carilah mitra yang tepat. Carilah mitra yang bisa memberikan manfaat kepada bisnis kita, mitra yang bisa memberikan nilai lebih. Mencari mitra bisnis haruslah cermat. Jangan sampai mitra menjadi beban dan menghambat laju bisnis.

Bersahabatlah dengan Kegagalan

Menurut CT kegagalan adalah sahabat, karena CT pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis dan itu adalah makanan sehari-hari yang tidak lepas dari kehidupan pengusaha. Maka dari itu kegagalan adalah sahabat yang tidak akan jauh-jauh menemani pengusaha. Jika pengusaha tidak pernah mau mengalami kegagalan, maka janganlah menjadi pengusaha. Karena jika tak pernah gagal, maka sama saja tak ada pengalaman untuk mencoba. Untuk menghadapi kegagalan caranya adalah dengan bangkit dan terus bangkit, sampai akhirnya kegagalan tidak mau bersahabat dengan kita.

Berprestasilah di Akademi dan Organisasi Serta Bisnis

CT berpesan untuk kalian yang masih kuliah, cobalah peluang untuk belajar berbisnis. Karena CT dulu saat kuliah sudah sukses di bisnis, berprestasi di akademi mau pun di organisasi. CT tidak bergantung pada orangtua, karena dulu saat kuliah sudah memiliki bisnis. Namun, walau pun bisnisnya adalah berdagang, CT tetap berprestasi menjadi mahasiswa teladan tingkat nasional. Selain itu CT merupakan seseorang yang aktif dalam berorganisasi di kampusnya. Ia merupakan ketua ex officio Dewan Mahasiswa UI yang terakhir di tengah kesibukannya berbisnis dan kuliah. Dari berorganisasi ia secara tidak langsung mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam leadership dan management. Semuanya itu  menjadi bekal dirinya meraih sukses sampai sekarang ini.

Jangan Takut Bersaing

Di dalam dunia bisnis kita tidak akan jauh dari persaingan. Karena persaingan akan membuat bisnis kita lebih maju dan berkembang. Makin berkembang usaha kita, maka semakin bagus untuk kita bersaing lebih ketat lagi. Jangan pernah alergi terhadap persaingan, karena itu adalah kunci agar kita menjadi pemenang. Untuk memenangkan persaingan tersebut kita harus terus berinovasi dengan harga dan produk serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Bergaullah dengan Pengusaha Sukses

Sebenarnya sangat mudah untuk bergaul dengan pengusaha sukses, supaya dapat bergaul dengan pengusaha yang sukses, cobalah mengikuti komunitas atau organisasi pengusaha yang ada dengan aktif. Setelah banyak bergaul dengan para pengusaha, kita akan tau posisi kita ada di pengusaha tingkat yang mana, setelah itu barulah kita tingkatkan lagi pergaulan kita dengan pengusaha ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Itulah beberapa pesan dari Chairul Tanjung cara agar menjadi pengusaha sukses. Ada beberapa kalimat yang Saya ubah supaya tidak anggap sama oleh Google, tetapi maksudnya masih sama seperti pesan dari Chairul Tanjung. Semoga bermanfaat untuk kalian.