Jika Anda ini bisnis online Anda bisa menyebar ke calon pelanggan yang tepat, Anda tentu perlu memilih platform yang cocok dengan bisnis Anda. Asal memasang iklan atau menawarkan produk secara random tentu hanya akan mendapatkan keuntungan sedikit, sedangkan jika pilih muncul di banyak tempat, biayanya akan mahal.

Mengikuti trend platform juga bisa jadi cara untuk mengidentifikasi tempat promosi yang pas. Jika tempat itu sedang hot, bisa saja banyak orang akan melihat promosi yang Anda dorong. Untuk membantu Anda memilih berikut adalah beberapa platform untuk internet marketing dan juga penjelasan seputarnya:

Facebook

Penggunaan Facebook sebagai sosial media tentu akan mudah menghubungkan usaha Anda dengan audience yang lebih banyak. Hal yang membuat banyak orang menggunakan Facebook sebagai platform pemasaran yang efektif adalah penyesuaian iklan dengan interest, like ataupun topik yang user punya.

Hal ini memastikan iklan – iklan yang Anda buat akan sampai ke user yang memang tertarik dengan hal tersebut. Tidak hanya itu, Facebook juga memiliki kemampuan untuk menyediakan data yang dalam untuk digunakan sebagai basis marketing online.

Linkedln

Berbeda dengan Facebook, Likendln lebih berfokus hubungan antara pebisnis dengan pebisnis lain. Misal saja Anda adalah seorang pembuat konten dan ingin mempromosikan video, artikel dan bahasan yang Anda buat secara online. Jika ada pemilik bisnis website berita, ia mungkin tertarik untuk menggunakan jasa Anda sebagai pembuat konten.

Hubungan ini berbasis B2B (business to business) dan menggunakan algorithm profesi untuk promosi. Hal ini sama seperti algorithm Facebook yang menggunakan likes tapi lebih untuk kemudahan berbisnis dan bukan end user.

Instagram

Untuk tempat pemasaran dan iklan yang sedang hot, Instagram juga sering digunakan. Platform ini lebih dahsyat efeknya di dalam hal – hal yang berhubungan dengan lifestyle. Hal seperti make up, fashion, gadget dan aksesoris akan lebih populer dipasarkan dengan jalur ini.

Jika ingin penggunaan Instagram lebih efektif, Anda harus punya target audience yang jelas dulu. Setelah itu raih mereka dengan konten – konten untuk dinikmati. Jika hubungan berjalan baik, hal ini bisa meningkatkan engagement pada calon pelanggan di Instagram dengan cepat.

Google Ecosystem

Jika Anda ingin memanfaatkan platform yang paling luas jangkauannya, Google Ecosystem tentu tidak bisa dilupakan. Google Ecosystem terdiri dari banyak platform seperti Blogger, AdSense, YouTube dan masih banyak lagi yang lain. Walaupun terlihat terpisah semuanya berada satu payung dan saling berhubungan.

Jika Anda mencari target pelanggan, penggunaan Google Ecosystem secara keseluruhan akan memudahkan Anda. Jika Anda sudah menggunakan platform ini, secara otomatis algorithm Google akan mengarahkan iklan Anda ke user yang paling tepat.

Jika Anda masih ingin mendalami lebih soal platform internet marketing, coba manfaatkan jasa kursus seperti DUMET School. DUMET School adalah tempat kursus untuk segala sesuatu usaha yang berhubungan dengan internet. Hal seperti membuat pembuatan konten, website, mempelajari SEO dan bahkan membuat mobile app bisa dipelajari di sini.  Ayo jangan lewatkan hal ini dan segera mendaftar di DUMET School!