Hallo sahabat UKM, Saya kali ini akan membahas artikel mengenai rencana dan tujuan pengelolaan keuangan usaha. Pada artikel sebelumnya Saya membahas tentang pengelolaan SDM melalui motivasi dan actuating. Oke, langsung saja simak berikut ini seperti apa perencanaan dan tujuan pengelolaan keuangan usaha.

Rencana-rencana yang Harus Dibuat

Agar usahanya dapat bertahan dan berhasil maka wirausaha sebagai pemilik perusahaan harus mampu merencanakan dan dapat membuat:

  1. Rencana pemasukan keuangan usaha pertahun yang kemudian dibagi-bagi menjadi perbulan.
  2. Rencana pengeluaran keuangan usaha pertahun yang kemudian dibagi-bagi menjadi perbulan.

Perencanaan pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kegiatan usaha. Keuangan usaha merupakan darah dan nafasnya perusahaan. Menurut manajemen modern, uang dan keuangan merupakan salah satu fungsi yang paling penting di samping produksi, personalia, pemasaran produk, dan jasa.

Tujuan Pengelolaan Keuangan Usaha

Berdasarkan analisis keuangan, tujuan dari pengelolaan keuangan usaha dapat ditinjau dari laba atau keuntungan dan membandingkannya antara pengeluaran dengan pendapatan, ketersediaan keuangan, kemampuan perusahaan membayar utang, dan kestabilan keuangan usahanya. Tujuan pengelolaan keuangan usaha adalah sebagai berikut.

  1. Ingin meningkatkan pertumbuhan usaha.
  2. Ingin meningkatkan kemampuan di dalam usaha.
  3. Ingin meningkatkan efisiensi dalam usaha.
  4. Ingin meningkatkan imbalan untuk pemilik usaha.

Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh agar tujuan pengelolaan keuangan usaha berhasil adalah sebagai berikut.

  1. Menyusun taksiran kebutuhan keuangan atau modal kerja usaha.
  2. Menyusun pengelolaan keuangan usaha tahunan.
  3. Mengadakan evaluasi dan analisis keadaan keuangan usaha.

Perencanaan pengelolaan keuangan usaha harus mampu menentukan arah penggunaan dana, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Sekian dari Saya artikel mengenai rencana dan tujuan pengelolaan keuangan usaha. Semoga informasi yang Saya sampaikan kali ini bermanfaat untuk kalian. Sebagian isi artikel dikutip dari berbagai sumber, jika ada kesamaan mohon dimaklumi.