Hallo sahabat UKM, artikel kali ini yang Saya akan bahas adalah mengenai sifat dan manfaat penetapan sumber daya manusia. Artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu konsep dan unsur penetapan sumber daya manusia. Oke, berikut ini artikelnya langsung saja disimak.

Sifat Perencanaan Sumber Daya Manusia

Sifat perencanaan sumber daya manusia dalam perusahaan adalah sebagai berikut.

  1. Faktual, perencanaan pengelolaan sumber daya manusia yang baik harus dibuat berdasarkan fakta dan data yang ada serta harus dipikirkan kejadian-kejadian yang akan timbul dalam pelaksanaan pekerjaan di dalam perusahaan.
  2. Fleksibel, perencanaan pengelolaan sumber daya manusia yang baik dan sempurna harus mengikuti perkembangan perusahaan.
  3. Kontinu, perencanaan pengelolaan sumber daya manusia yang baik harus dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang terus-menerus atau berkelanjutan dalam bekerja di dalam perusahaan.

Manfaat Perencanaan Sumber Daya Manusia

Manfaat perencanaan sumber daya manusia adalah sebagai berikut.

  1. Alat untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia di dalam manajerial atau kepemimpinan perusahaan.
  2. Memberikan uraian tentang langkah-langkah yang harus dikerjakan dalam sasaran, target, dan petunjuk pelaksanaan dalam merekrut tenaga kerja yang berkualitas.
  3. Alat komunikasi dalam pengelolaan sumber daya manusia sebagai tenaga kerja dalam perusahaan.
  4. Alat untuk memperkecil risiko dan untuk memperbesar peluang-peluang usaha.

Itulah artikel kali ini tentang sifat dan manfaat penetapan sumber daya manusia. Semoga apa yang Saya sampaikan bermanfaat untuk kalian. Jika ada kekurangan mohon dimaklumi, sebagian isi konten Saya kutip dari berbagai referensi.