Untuk era digital sekarang ini internet marketing sangat berpengaruh besar pada tingkat penjualan produk. Hampir semua orang sekarang sudah mengetahui cara menggunakan internet. Meskipun sebagian besar dari mereka lebih banyak menggunakan internet untuk media sosial namun tetap internet sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Internet sekarang tentu berbeda dengan internet sepuluh tahun yang lalu. Ini berarti strategi internet marketing sepuluh tahun yang lalu sudah tidak efektif lagi untuk perkembangan internet sekarang. Strategi internet marketing yang cocok untuk zaman sekarang adalah seperti ini:

  • Utamakan visualisasi

Berdasarkan hasil statistik sebagian besar user internet lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menonton video online dibandingkan membaca konten-konten online. Iklan di media streaming online seperti Youtube terbukti lebih berhasil menjaring audien daripada iklan yang dipasang di siaran televisi karena sekarang orang lebih senang menonton video via streaming. Maka dari itu strategi internet marketing yang bersifat visualiasi atau berupa video akan lebih efektif karena orang lebih mudah menerima dan mengingatnya.

  • Mobile phone-based

Sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Semua hal bisa dicari dan dilakukan dengan smartphone. Laptop atau komputer yang dulu menjadi perangkat utama untuk internetan sekarang sudah berkurang pamornya digantikan smartphone. Interface internet di smartphone tentu saja berbeda dengan interface internet di laptop atau komputer. Jika Anda ingin strategi internet marketing yang berhasil, Anda harus menciptakan strategi yang berbasiskan smartphone misalnya membuat website bisa dibuka di browser komputer dan juga smartphone. Anda juga bisa menciptakan aplikasi untuk berbagai OS smartphone sebagai bagian dari strategi marketing.

  • Menciptakan konten yang memuaskan semua customer

Dalam berbisnis kepuasan customer haruslah menjadi prioritas utama. Ini berarti Anda harus menciptakan konten yang bisa memuaskan semua customer. Tapi masalahnya setiap customer memiliki karakter yang berbeda-beda jadi bagaimana kita bisa memuaskan semuanya? Kalau Anda harus memikirkan karakter customer satu persatu dan harus membuat satu konten untuk tiap karakter tentu Anda tidak akan sanggup menyelesaikannya. Maka dari itu bagilah konten dalam dua kategori, konten untuk customer baru dan konten untuk customer lama. Konten untuk customer baru cukup berupa penjelasan mengenai produk-produk yang Anda tawarkan, sedangkan konten untuk customer lama bisa berupa pengingat mengenai produk-produk yang menjadi kebutuhan mereka dan konten yang bisa menarik perhatian mereka untuk membeli produk baru yang baru saja Anda luncurkan.