Dalam menjalankan bisnis apapun, termasuk bisnis online, Anda harus selalu tekun dan berinovasi. Meskipun kita rajin memberi informasi mengenai produk melalui website maupun media sosial, bukan berarti bisnis tersebut tidak mengalami keadaan sepi alias tidak ada yang melakukan transaksi. Di tahap itu, tidak sedikit orang yang memilih pasif, yaitu tidak melakukan inovasi apapun. Padahal, itu malah akan membuat bisnis online yang dibangun dengan kerja keras gagal dalam menghadapi persaingan dengan lainnya.

Strategi Menghadapi Bisnis Online yang Sedang Sepi

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan ketika bisnis online sedang sepi orderan:

  1. Amati dan perbaiki. Tidak ada usaha yang langsung banjir orderan saat baru dirilis. Tapi, untuk membuatnya lebih diminati pelanggan, Anda bisa mengamati jenis produk yang dipasarkan, kualitas pelayanan serta akses yang paling mudah bagi mereka. Dengan selalu melakukan pengamatan, Anda akan lebih giat melakukan perbaikan demi kemajuan bisnis online.

  2. Update produk yang lebih variatif. Pelanggan akan senang apabila diberi banyak pilihan produk. Mereka tidak akan bosan dan mengikuti perkembangan bisnis online Anda. Jadi, bila Anda menjual fashion wanita, sediakan varian warna, ukuran dan model.

  3. Tampil berbeda dari yang lain. Apabila Anda merasa bahwa menjual produk seperti fashion, aksesories dan makanan sudah umum, lakukan inovasi dengan memasarkan produk yang unik. Produk tersebut bisa berupa kerajinan tangan, seperti gelang etnik, lukisan kayu dan sebagainya.

  4. Pemasaran secara online dan offline. Proses pemasaran bisnis online tidak hanya dapat dilakukan melalui media sosial, melainkan event-event offline seperti bazaar, pameran dan sejenisnya. Itu bisa membantu Anda untuk mengenalkan bisnis online kepada banyak orang secara langsung. Sediakan brosur dan kartu nama yang unik serta berisi informasi lengkap supaya orang-orang tertarik dengan produk Anda.

Persaingan di dunia bisnis online yang semakin ketat seharusnya tidak menjadi alasan bagi Anda untuk pesimis dan menyerah. Sebab, ada banyak solusi yang bisa dilakukan apabila Anda senantiasa bekerja keras.