Putera dan puteri terbaik bangsa Indonesia di daerah diharapkan dapat berpotensi di masa depan untuk membangun ekonomi Indonesia. Indonesia diharapkan dapat menjadi negara ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030, yang diungkapkan dalam survey penelitian Mc Kinsey tahun 2012, “The Archipelago: Unleashing Indonesia’s Potential”. Jadi, kita sebagai orang Indonesia harus mempersiapkan diri dari sekarang, agar potensi yang terdapat di Indonesia tidak dirakusi oleh bangsa asing.

ABCG (Academician, Business, Community, Government) atau akademisi, swasta, masyarakat, dan pemerintah memiliki peran penting untuk mendukung potensi-potensi tersebut. Berikut ini peran yang harus dijalankan akademisi, swasta, masyarakat, dan pemerintah agar dapat menumbuhkan potensi ekonomi daerah.

Akademisi

Peran dari akademisi, yaitu memberikan rekomendasi, analisis dan evaluasi melalui berbagai sarana penelitian, seminar pengetahuan, kerjasama dengan sesama stakeholder pengambil dan pelaksana kebijakan, diskusi ilmiah dan berbagai pola lainnya yang mensuplai SDM yang handal, terampil dan membantu pemerintah daerah merumuskan kebijakan-kebijakan pembangunan daerah.

Pemerintah

Peran dari pemerintah dalam perekonomian daerah sangatlah penting dalam menyediakan aspek-aspek ekonomi secara adil dan merata. Peran ini juga dapat memberikan stimulasi bagi berkembangnya kewirausahaan di daerah. Mungkin masyarakat akan mengalami kesulitan jika peran pemerintah ini tidak dijalankan dengan stabil, karena masyarakat kecil sangat membutuhkan peran dari pemerintah.

Swasta

Investasi merupakan penggerak pertumbuhan ekonomi, sementara pembangunan di zaman otonomi daerah saat ini pada intinya, yaitu berupa pemberdayaan daerah. Dalam hal ini daerah harus mampu mengatur, mengurus, dan mengelola kepentingan serta aspirasi masyarakat di wilayahnya. Selama ini sering terlihat, bahwa posisi yang dimiliki daerah terasa kurang, baik di pusat maupun pihak ketiga (dunia usaha). Oleh karena itu, pemberdayaan daerah perlu dilakukan kepada semua komponen, tidak hanya dari pihak swasta, tapi juga peran dari pemerintah atau pun masyarakat.

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

HIPMI merupakan sebuah organisasi pengusaha muda yang besar, berperan aktif dalam membahas hal-hal yang berkaitan dengan industry, sehingga dapat memberikan informasi tambahan kepada masyarakat. Pada masa yang akan datang HIPMI diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan ekonomi agar memiliki daya saing yang bertambah kuat khususnya dalam menghadapi gelaran MEA yang akan segera berlangsung. Oleh karena itu, HIPMI harus dapat aktif memperjuangkan kepentingan para anggotanya, masyarakat, bangsa dan negara.

Itulah Strategi Menumbuhkan Potensi Ekonomi Daerah yang Saya kutip dari UKM sukses. Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian. Salam sukses pengusaha.