Hallo kawan-kawan, apakah kalian ingin menjadi orang sukses ? Terapkan Strategi Bisnis ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Sekarang ini bangsa Jepang dan China terkenal sebagai bangsa yang maju, bukan karena menemukan segala sesuatu yang menjadi produk unggulannya. Namun, karena meniru ide, produk, atau jasa orang lain dan menjadikannya lebih baik, lebih menarik, lebih hemat, lebih modis, dll. Oleh karena itu, meniru segala sesuatu tidak selalu salah atau merugikan orang lain. Maksud meniru di sini tidak sepenuhnya meniru, tetapi menerapkan strategi bisnis amati, tiru dan modifikasi, disingkat ATM.

  • Amati, lihat apa yang dijalani oleh orang lain, apa yang dikerjakan dan sukses.
  • Tiru, kita tiru prinsip-prinsipnya, tiru caranya, tiru modelnya, tiru bentuknya, lalu …
  • Modifikasi, buatlah sedikit berbeda, berikan warna dan pengalaman kita sendiri, jadikan lebih baik dari aslinya.

Sekarang kita dapat mempunyai produk atau jasa yang tidak harus berasal dari ide sendiri. Kita tidak harus menjadi penemu, tetapi menjadi inovator. Bukankah semua pengalaman kita belajar awalnya dari mengamati, lalu menirukan secara persis apa yang dilakukan para guru di sekolah. Ketika kita telah mendapatkan input data yang banyak dari pengalaman, akhirnya kita mampu untuk memodifikasi segala pengetahuan yang pernah kita peroleh, sehingga akhirnya muncul sebuah inovasi.

Catatan :

Perlu diketahui, bisnis apa pun bisa kita tiru, tetapi keberhasilan dalam bisnis itu yang tidak dapat ditiru. Konsep Bisnis ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) hanya bisa dilakukan jika kita mempunyai bakat pada bisnis tersebut. Jika kita tidak memiliki bakat, walau pun sudah diamati, ditiru, dan juga dimodifikasi, maka kita tidak akan pernah berhasil. Jadi, kenalilah diri kalian, maka kalian akan mengetahui bakat kalian bisa dipakai pada bisnis apa yang tepat dengan strategi bisnis ATM.

Itulah sedikit informasi tentang Terapkan Strategi Bisnis ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.