Pada era digital sekarang ini, segala kegiatan sehari-hari memang menjadi semakin lebih mudah. Sekarang ini segala sesuatunya serba online, dimulai dari membeli makanan, memesan transportasi, dan sebagainya. Dari hari kehari peminat belanja online ini semakin meningkat. Oleh karena itu sebagai pemilik toko online tentunya harus memahami tipe-tipe konsumennya. Apakah kalian sudah mengetahui tipe konsumen yang perlu dipahami pemilik toko online?

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai tipe konsumen yang perlu dipahami pemilik toko online. Berikut tipe-tipe konsumen di dunia maya :

1. Tipe Periset

Tipe periset merupakan tipe konsumen yang belum memahami spesifikasi dari produk yang ingin mereka beli. Tetapi tipe periset ini termasuk orang yang gemar membaca dengan teliti spesifikasi dari produk yang akan dibelinya. Bagi para pemilik toko online jika ingin mendapatkan konsumen tipe periset, maka kalian harus memberikan spesifikasi dan keterangan yang lengkap pada setiap produk yang akan kalian jual secara online.

Dengan memberikan keterangan detail kepada setiap produk yang akan kalian jual secara online, ini akan menjadi nilai lebih dan membuat konsumen semakin yakin membeli produk kita. Selain itu juga, kita bisa menampilkan beberapa testimoni dari konsumen-konsumen yang telah membeli produk kita.

2. Tipe Seeker

Tipe seeker sebetulnya hampir sama dengan tipe periset, hanya yang membedakan tipe seeker ini sudah mengetahui spesifikasi dari produk yang akan mereka beli. Konsumen tipe seeker ini sering disebut juga tipe surveyor, karena konsumen online tipe ini selalu akan membandingkan satu produk yang ada di sebuah toko online dengan toko online lainnya.

Adapun tujuan dari tipe seeker ini adalah untuk mendapatkan harga yang lebih murah serta melihat tawaran yang lebih menarik. Untuk mendapatkan konsumen tipe seeker ini kalian bisa mengoptimasikan website kalian agar muncul dihalaman pertama pencarian Google dengan menggunakan SEO dan Google Adwords.

3. Tipe Pemburu Diskon

Tentunya setiap orang pastilah ingin mendapatkan potongan harga. Bahkan konsumen cenderung akan mencari produk yang ada potongan harganya. Tipe pemburu diskon ini mencari barang diskon, selalu update promo, bahkan meraka follow informasi promo di sosial media.

Biasanya tipe ini tidak akan terlalu memperdulikan kualitas produk, yang terpenting adalah diskonnya. Besar kemungkinan kalia ada diskon, mereka akan melakukan transaksi. Untuk mendapatkan konsumen tipe ini, kalian harus membuat penawaran diskon yang lebih menarik dari toko online lainnya.

Nah, itulah Tipe Konsumen Yang Perlu Dipahami Pemilik Toko Online. Semoga bemanfaat 🙂