Di era seperti saat ini kegiatan jual beli tidak perlu datang langsung ke toko pembeli atau bertemu dengan penjual barang yang sedang kalian cari, secara langsung atau tatap muka. Saat ini kegiatan jual beli bisa kalian lakukan secara online, dengan begitu hal seperti ini semakin memudahkan kalian.

Jika kalian ingin membeli suatu barang, kalian hanya tinggal memilih barang tersebut di sebuah aplikasi toko online dan bisa langsung membayar melalui salah satu bank yang kalian ingini untuk melakukan transaksi tersebut, kalian pun tidak perlu susah-susah untuk mencari atm agar bisa melakukan transaksi (transfer) ke toko online tersebut, biasanya bank menyediakan suatu aplikasi web atau aplikasi mobile dengan begitu memudahkan kalian untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun.

Namun dengan kemajuan teknologi saat ini membuat para hacker atau penjahat yang lainnya melakukan kegiatan yang bisa merugikan banyak orang, salah satunya yaitu bertransaksi secara online menggunakan internet banking atau mobile banking yang bisa membobol saldo di atm kalian.

Oleh karena itu kalian pun harus mengantisipasinya, dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai Tips Bertransaksi Secara Online Menggunakan Internet Banking :

1. Rahasiakan Data Pin, User Id dan Password

Jangan pernah memberikan pin kalian kepada siapapun termasuk ke petugas bank, pin merupakan data pribadi kalian yang tidak berhak diketahui oleh siapapun, usahakan untuk tidak menggunakan tanggal lahir untuk pin kalian, mungkin kalian berpikir agar mudah diingat, namun hal ini bisa menjadi celah hacker membobol atm kalian.

2. Mengubah Password Secara Berkala

Usahakan untuk kalian mengganti password kalian secara berkala, terutama untuk kalian yang sering melakukan tranksaksi melalui internet banking hal ini dapat meningkatkan keamanan akun, kalian pun bisa mengubah password minimal 1-2 bulan sekali.

3. Jangan Menggunakan Jaringan dan Komputer Publik

Jaringan dan komputer publik dapat menjadi celah untuk hacker mombobol data pribadi kalian, oleh karena itu hindari penggunaan jaringan wifi dan komputer publik seperti warnet, karena biasanya hacker memasang software penyadap untuk merekam jejak pengguna.

Itulah beberapa Tips Bertransaksi Secara Online Menggunakan Internet Banking, semoga artikel kali ini bermanfaat yah 🙂