Ada sebuah film yang berjudul Jobs. Film ini menceritakan tentang Steve Jobs, si founder Apple Inc. Dalam film tersebut ada hal menarik mengenai kepemimpinan dan kewirausahaan. Ini menceritakan tentang pola pikir pengusaha yang harus memiliki visi jauh ke depan.

Walaupun dulu Jobs memulai usahanya di sebuah garasi, tetapi ia sudah memiliki pola pikir seperti perusahaan besar. Saat bertemu dengan investor, Jobs melakukan tawar-menawar yang tidak main-main.

Salah satu kunci suksesnya Apple saat perkembangannya adalah dengan menjadi perusahaan publik dan melakukan penggalangan dana melalui IPO (Initial Public Offering). Strategi lainnya yang memajukan bisnis Steve Jobs ialah dengan melakukan branding terhadap produk dan perusahaannya, bukan mempromosikan dirinya sendiri.

Dulu Apple pernah menyingkirkan Jobs, padahal ia adalah sang pendiri Apple itu sendiri. Hal yang membuatnya disingkirkan, karena ia bukan pemegang saham terbesar, jadi ia tidak ada hak mengendalikan Apple Inc. Namun, ketika mengalami masa krisis, Apple menarik dirinya kembali. Sampai saat ini Steve Jobs telah berjasa dan masih meninggalkan warisannya.

Lalu untuk bisa mempunyai pola pikir seperti Steve Jobs Bagaimana dan apa yang harus dilakukan ? Berikut ini beberapa tips yang kalian bisa ikuti seperti pola pikir Steve Jobs.

Mengenal Ciri-ciri Badan Usaha

Tidak semua badah usaha itu adalah badan hukum. Ada banyak perbedaan dari semua badan usaha yang ada. Kita harus mengenal karakter dari badan usaha PT (Perseroan Terbatas), CV, Firma dan lain sebagainya. Agar tidak salah pilih, kita harus memahami karakter setiap badan usaha tersebut.

Memahami Jabatan Dalam Perusahaan

Hal penting dalam menjalankan perusahaan adalah memahami fungsi dan kewenangan dari organ perusahaan. Tidak semua pemegang saham bisa menjadi direksi atau komisaris dan sebaliknya tidak semua direksi atau komisaris adalah pemegang saham. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sudah jelas dalam suatu PT, pemegang saham ialah pengambil keputusan. Direksi merupakan perwakilan di dalam suatu PT yang melakukan kegiatan usaha sehari-hari, sedangkan Komisaris adalah pengawas dari tindakan direksi.

Kita bisa lihat contohnya seperti Steve Jobs, walaupun ia merupakan salah satu pemegang saham, tetapi Jobs bisa disingkirkan dengan mudahnya oleh pemegang saham terbesar dari posisinya sebagai direksi perusahaan. Hal ini membuktikan, setiap jabatan mempunyai fungsi dan kewenangan yang berbeda.

Perusahaan Mematuhi Hukum

Sebuah perusahaan itu harus memiliki izin mendirikan dan menjalankan bisnisnya. Memang ada perusahaan yang tidak perlu meminta izin ketika menjalankan usahanya, tetapi alangkah baiknya sebuah perusahaan itu mempunyai izin dan mematuhi hukum. Karena perusahaan yang dipandang baik oleh masyarakat adalah perusahaan yang sudah ada izin resmi dari mulai mendirikan sampai menjalankan.

Itulah beberapa cara untuk membangun pola pikir perusahaan seperti Steve Jobs yang Saya kutip dari UKM Sukses. Jika ada kekurangan mohon dimaklumi. Semoga apa yang Saya sampaikan bermanfaat untuk kelangsungan usaha kalian.