Email blast adalah kegiatan mengirimkan email secara masal ke seluruh mailing list atau kelompok besar. Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk atau layanan jasa tertentu. Email blast juga salah satu teknik Digital Marketing dalam memasarkan suatu produk yang di kelola dengan menggunakan suatu software pemasaran atau aplikasi web.
Dengan menggunakan email blast, maka isi email atau konten yang akan kita buat haruslah menarik dan dapat merebut perhatian pembaca dan juga konten haruslah mematuhi pedoman dan peraturan spam guidelines agar nantinya email yang kita kirimkan tidak dianggap sebagai spam.

Berikut adalah Tips dalam membuat konten email blast yang menarik, adalah :

  1. Membuat Judul yang menarik karena judul menggambarkan isi email dikirimkan, sehingga dapat menimbulkan perhatian bagi penerima email. Dan buatlah judul yang relevan dengan konten/isi email marketing yang disampaikan sehingga pembaca tidak merasa ditipu atau tertipu dengan judul email kita.
    Contoh
    Judul email:
    “Promo Oktober, Dapatkan Diskon Up To 30% Di Dumet School”
    Isi email: “Dapatkan diskon up to 30% di Dumet School dengan pengambilan paket kursus Web Master, Kursus Web Design dan Kursus Graphic Design. Promo berlaku dari tanggal 3 – 31 Oktober 2015. Info lebih lanjut dapat menghubungi cabang-cabang Dumet School terdekat. Get your discountĀ  now …… “
  2. Pesan Email Singkat dan Langsung ke Pokok Promosi
    Buatlah isi atau konten email marketing secara singkat dan jelas serta langsung ke pokok produk yang di promosikan. Seperti contoh :
    Isi email: “Dapatkan diskon up to 30% di Dumet School dengan pengambilan paket kursus Web Master, Web Design dan Graphic Design. Promo berlaku dari tanggal 3 – 31 Oktober 2015. Info lebih lanjut dapat menghubungi cabang-cabang Dumet School terdekat. Get your discountĀ  now …… ”
    Isi email langsung menuju ke nama produk yang di promosikan dan tertera masa berlaku promo tersebut.
  3. Isi kontent yang terlalu berbelit-belit atau terlalu panjang seperti artikel pada postigan web
  4. Jelaskan bahwa pesan Anda adalah penting atau menguntungkan mereka.
    Sebagai contoh pada email diatas menginformasikan pesan penting bahwa diskon up to 30% hanya berlaku di Bulan Oktober. Keuntungan yang di terima pembaca yang berminat yaitu dapat menikmati diskon tersebut dari harga normal di bulan-bulan biasanya.
  5. Instruksikan pembaca bagaimana memanfaatkan informasi dalam email blast atau email marketing yang dikirimkan tersebut. Jadi para pembaca dapat memahami bagaimana tindakan lebih lanjut untuk memanfaatkan penawaran informasi produk yang di email tadi. Misalnya, memberikan informasi yang mengarahkan pembaca ke situs kita untuk melakukan pendaftaran online atau dapatĀ  meninggalkan informasi kontak kita seperti email dan no telepon agar pembaca bisa melakukan pemesanan.
  6. Menciptakan rasa urgensi
    Buatlah agar si pembaca dapat merasa harus bertindak segera untuk mengambil keuntungan dari jasa atau produk yang di tawarkan, besar kemungkinan mereka akan mengikuti instruksi kita dan melanjutkan ke website kita

Itulah beberapa tips dalam membuat email blast agar terlihat menarik di terima oleh para pembaca. Semoga bermanfaat …….