Biasanya para pengusaha yang merasa usahanya sudah maju, mereka pasti akan membuka cabang baru. Dengan begitu penghasilan pun dapat bertambah dari sebelumnya dan usahanya akan lebih berkembang lagi. Berikuti ini beberapa tips yang Saya dapat dari UKM sukses untuk kalian yang mau membuka cabang usaha baru.

Kuasai Bisnis Sendiri

Jika kalian adalah seorang pemimpin dari usaha kalian sendiri, maka kuasailah secara penuh bisnis yang kalian jalankan tersebut. Kalian harus tau jalannya operasional dari bisnis tersebut. Kalian akan tau seluk-beluk dari bisnis kalian jika memang kalian menjalankan sungguh-sungguh system operasional, manajemen, keuangan dan SDM yang kalian butuhkan ketika membuka cabang baru.

Buat SOP

Standard Operational Procedure sangat diperlukan agar ketika kalian membuka cabang baru dan mempunyai karyawan baru, mereka bisa mengikuti aturan yang telah kalian susun. Dengan SOP orang-orang yang kalian rekrut tidak akan kebingungan menjalankan rutinitas sehari-hari dari hal yang terkecil hingga yang besar dari tugas yang kalian berikan.  Prosedur yang biasa diberikan biasanya, yaitu pelayanan kepada pelanggan dan yang lainnya sebaik mungkin.

Memimpin Dalam Bisnis

Jika kalian adalah pemimpin dalam bisnis, maka jadilah contoh baik untuk tim kerja kalian. Tim kerja kalian harus mengikuti aturan yang sering kalian lakukan sebelum kalian mempunyai tim. Nilailah tim kerja kalian agar bisa dipercaya menjalankan wewenang dan bisa bertanggungjawab. Dengan begitu di cabang baru kalian bisa menemukan orang yang cocok dijadikan pemimpin sebagai pengganti kalian.

Cari SDM Berkualitas

Sebelum menerima karyawan baru biasanya sebuah perusahaan akan melatih orang-orang yang cocok dijadikan karyawan. Kita bisa menilai calon karyawan mana yang pantas direkrut dari cara berpakaian, cara berbicara dan sikap serta nilai plusnya kita bisa tanyakan pengalaman apa saja yang telah mereka punya. Jika kita sudah mantap dengan karyawan pilihan kita, maka adakan pelatihan keterampilan untuk mereka. Bagi karyawan yang telah terpilih, kita lakukan uji coba dengan memberi tantangan dari tingkatan mudah hingga tersulit, agar kita tau perkembangan kemampuan mereka.

Adakan Rapat Secara Rutin

Sebelum membuka cabang usaha baru adakan rapat secara rutin untuk membantu tim kerja bekerja lebih baik, bisa mencapai target pekerjaannya, dan agar selalu ada motivasi untuk mereka sehingga mereka akan merasakan nyamannya bekerja dalam satu tim yang saling membantu dan saling mempercayai. Hal terpenting diadakan rapat secara rutin agar ketika mereka bekerja di cabang yang baru, mereka bisa bertemu satu sama lain setiap diadakan rapat, jadi tidak ada miss komunikasi antara cabang satu dengan yang lainnya.

Tidak Gagap Teknologi

Membuka cabang usaha baru berarti usaha kita bisa dibilang maju, dengan begitu kita tidak boleh kaku dengan teknologi, setiap karyawan yang bekerja di perusahaan kita harus mengerti dan paham dengan informasi dan teknologi yang ada. Tidak perlu terlalu canggih, mengerti komputerisasi, sosial media dan internet saja sudahlah cukup. Cara ini agar staff di perusahaan bisa bekerja secara efisien dan efektiv.

Itulah beberapa cara saat kita mau membuka cabang usaha baru. Semoga apa yang Saya sampaikan bermanfaat untuk kalian dan selamat membuka cabang baru.