Youtube adalah salah satu platform untuk video terbesar di mana ribuan video baru diunggah setiap harinya dan saling berebut jumlah penonton, like, share, dan juga subscribe. Video dengan kualitas yang buruk akan langsung tereliminasi dari persaingan karena penonton tentunya lebih menyukai video yang berkualitas bagus dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu banyak brand yang membuat konten video di Youtube untuk meningkatkan brand awareness dan juga menambah leads yang bisa menguntungkan jumlah pendapatan bisnisnya. Tidak ingin menjadi kelompok yang tereliminasi? Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat video berkualitas tinggi untuk Youtube tanpa biaya yang mahal.

1.     Perbaiki kualitas audio

Kualitas audio dari video kedengaran seperti hal yang sepele namun sebenarnya punya pengaruh yang cukup besar untuk menentukan penonton Anda akan meneruskan menonton atau tidak. Video dengan audio yang terdistorsi, satu dimensi, menggema, dan banyak noise-nya akan membuat penonton video menutup video tersebut tanpa ragu dan mencari video lainnya dengan topik yang sama namun kualitas audio yang jelas lebih bagus. Investasikan dana Anda untuk membeli microphone yang punya kualitas baik, dan gunakan program untuk menghilangkan noise yang ada pada video sehingga tidak ada suara “kemresek” pada video Anda.

2.     Kualitas pencahayaan

Tidak menggunakan kamera yang mahal tidak masalah, Anda bisa mengutak atiknya dengan aplikasi editing nantinya. Yang penting adalah pastikan pencahayaan pada video Anda bagus dan jelas bahkan ketika melakukan pengambilan gambar di luar ruangan. Tempatkan lighting kit yang sederhana di belakang kamera dan juga di sekeliling objek gambar. Tidak perlu menggunakan perlengkapan yang mahal, yang penting pengaturan pencahayaan bisa memberikan kesan dimensi yang lebih dalam sehingga video pun terlihat menarik.

3.     Menggunakan teknik jump-cuts

Video dengan narasi yang panjang dan bertele-tele adalah video yang membosankan. Anda bisa menggunakan teknik pengambilan video jump-cuts untuk menjaga konten tetap to the point sehingga penonton bisa menangkap isi video tanpa merasa bosan. Teknik jump-cuts adalah teknik pengambilan video dengan narasi yang pendek-pendek kemudian nantinya disatukan menjadi satu buah video yang kronologis dan bertempo cepat. Sebelumnya buat skrip untuk konten video dari awal hingga akhir kemudian bagi menjadi narasi-narasi yang pendek berdasarkan poin-poin yang ingin disampaikan.