Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) memaparkan bahwa pengguna internet rata-rata berusia remaja hingga anak-anak. tetapi kenyataannya, ketika di survei kembali, ternyata pengguna internet yang ada di Tanah Air belakangan ini justru di kalangan masyarakat yang usianya adalah 34 hingga 44 tahun. Tentunya data tersebut haruslah diperhatikan dengan baik, salah satunya dari pelaku bisnis online. Jangan sampai pebisnis ini salah dalam menentukan target pasar. Dan hasil survei yang menggunakan internet paling sedikit, sekitar 10% saja yaitu mereka yang berusia di atas 55 tahun. Sedangkan untuk masyarakat yang rentang usianya adalah 45 hingga 54 tahun hanya sekitar 18% yang mengakses internet.

Nah, untuk anda yang sangat menginginkan bisnis online anda selalu lancar, maka anda harus memperhatikan 3 hal, diantaranya adalah :

1. Range usia

Anda dapat melakukan pemantauan dalam menentukan jenis produk apa saja yang bisa dijual. Saah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan survei ke pasar, begitu juga dengan berjualan di internet, maka anda juga harus mengetahui atau melihat range usia para pengguna internet. Jika sudah menemukannya, maka baru bisa anda melakukan penentuan produk yang akan dijual.

2. Jenis kelamin

Nah, setelah anda mengetahui range usianya, maka anda juga harus mengetahui para pengguna internetnya, apakah lebih banyak laki-laki atau wanita yang aktif dalam menggunakan internet ini. Dengan begitu, akan memudahkan anda supaya lebih fokus pada barang-barang yang memang dibutuhkan konsumen. Bagi perempuan biasanya lebih menyukai fashion, aksesoris dan juga alat-alat kecantikan.

3. Minat

Bila sebelumnya anda sudah melakukan survey mengenai range usia serta jenis kelamin. Saatnya anda sekarang melakukan pemantauan pada macam-macam produk yang paling diminati oleh orang-orang yang sesuai dengan range usia. Seperti misalnya ada yang menyukai fashion dengan penampilan yang A, B, atau C.

Jika sudah mengetahui 3 hal tersebut, maka akan lebih memudahkan anda dalam memulai sebuah usaha bisnis online. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat !