Hello, AMPs

Cara Melakukan Promosi di Media Sosial – Saat ini media promosi model tradisional seperti membagikan brosur, pamflet atau door to door sudah banyak ditinggalkan meskipun memang masih ada yang melakukan promosi seperti itu. Dengan berkembangnya dan meningkatnya pengguna media sosial, membuat media sosial menjadi salah satu alat untuk melakukan promosi yang bahkan bisa dibilang tidak membutuhkan modal yang banyak lagi.

Seperti harus melakukan cetak brosur, tentu harus mengeluarkan uang atau modal yang tidak sedikit. Namun, dengan menggunakan media sosial, kita bisa melakukan promosi dengan mudah dengan membuat postingan dan membagikan ke pengikut media sosial. Jika ingin lebih banyak yang melihat postingan promosi tersebut, kita bisa mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau.

Akan lebih menguntungkan jika sudah memiliki banyak pengikut. Promosi bahkan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya dan tinggal melakukan copywriting yang tepat dan menarik sehingga bisa menjangkau banyak orang di luar pengikut media sosial kita.

Nah, bagaimana sih cara melakukan promosi di media sosial? Berikut ini DUMET School akan memberikan sedikit tips dan triknya:

Membuat postingan yang menarik

Ini adalah hal basic yang harus bisa dilakukan. Buatlah postingan yang menarik dengan menyertakan gambar atau video yang akan membuat calon customer merasa tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain gambar atau video, pastikan menggunakan caption yang menarik juga sebagai pancingan dari gambar atau video yang kamu posting.

Gunakan hashtag yang sesuai juga dengan produk atau jasa dengan jumlah hashtag yang tidak berlebihan. Gunakan maksimal 10 hashtag saja.

Mengikuti Trend

Di media sosial tentunya selalu ada hal-hal yang sedang populer atau trend. Kamu bisa menjadikan trend tersebut sebagai ide untuk membuat postingan yang bisa menaikkan engagement. Dengan mengikuti trend, hal ini juga bisa membantu meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa bisnismu.

Membuat Kontes atau Giveaway

Jika kamu memang menargetkan orang-orang Indonesia sebagai target marketmu, kamu bisa mencoba membuat kontes atau giveaway karena ada banyak orang yang menyukai hal-hal yang berbau “gratis“.

Kamu bisa membuat giveaway berhadiah recehan di awal-awal untuk meningkatkan engagement dan mendapat banyak pengikut. Jadwalkan giveaway ini secara rutin entah seminggu sekali atau bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Jika sudah berjalan cukup lama, kamu bisa meningkatkan hadiah juga mengajak pengikutmu untuk mencoba dan membeli produk atau jasamu.

Melakukan promosi di media sosial bisa menjadi satu hal menguntungkan dan bisa menekan budget promosi untuk bisnismu. Beberapa media sosial yang bisa digunakan adalah Facebook, Instagram, TikTok dan Twitter. Jika target marketmu adalah orang-orang yang professional di bidang tertentu, kamu juga bisa memanfaatkan LinkedIn. Jangan lupa juga untuk terus melakukan promosi secara rutin dan pastikan untuk aktif di media sosial ya!

Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan promosi di media sosial? Jika kamu ingin belajar bagaimana cara melakukan promosi yang efektif di media sosial atau media iklan seperti Google, kamu bisa mempelajarinya dengan melakukan kursus digital marketing di DUMET School.

Kamu akan belajar langsung dengan instruktur yang memang sudah ahli di bidang Digital Marketing dan bisa langsung praktek juga berkonsultasi mengenai project yang sedang dikerjakan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!