Hello, AMPs

Cara Memulai Bisnis Jualan Online – Saat ini, ada begitu banyak bisnis yang bisa dipilih untuk memperoleh profit atau keuntungan. Salah satunya adalah berjualan online yang memang cukup menjanjikan apalagi saat ini kita ada di zaman yang serba klik klik untuk melakukan sesuatu.

Untuk kamu yang ingin mencoba berjualan online namun bingung bagaimana cara memulainya, DUMET School akan membagikan beberapa cara mudah untuk memulai jualan online. Bisnis jualan onlinemu tentunya akan lancar dan berjalan sebagaimana mestinya jika kamu memiliki persiapan yang sudah cukup matang.

Menentukan Produk yang Akan Dijual

Hal pertama ini tentunya suatu kewajiban. Bagaimana mungkin kita memulai bisnis berjualan online tanpa tahu produk apa yang akan dijual? Hal ini juga bisa menentukan apakah bisnis akan berjalan lancar atau tidak. Untuk menentukan produk yang akan dijual bisa berdasarkan kepopuleran sebuah produk atau juga sesuai dengan hal-hal yang kamu suka.

Agar lebih mudah, kamu bisa melakukan riset secara langsung melalui aplikasi-aplikasi marketplace yang kini sudah menjamur di Indonesia. Kamu juga bisa mencari tahu apa saja sih yang saat ini paling dibutuhkan oleh customer.

Membuat Rencana Bisnis

Langkah kedua ini biasanya jarang dilakukan apalagi jika memang baru pertama kali terjun ke dunia berjualan online. Dalam membuat rencana bisnis, kamu bisa mempelajari lebih dalam lagi mengenai produk yang akan kamu jual. Karena bagaimana seseorang berjualan tapi tidak paham dengan produknya sendiri?

Selain memahami produk, dalam rencana bisnis juga kamu bisa mencatat berbagai macam hal seperti siapa saja target customernya, berapa harga terbaik yang bisa dipasarkan, keuntungan yang mungkin didapatkan, siapa saja kompetitornya, keunggulan produk, produk-produk yang sejenis, dan lain-lain.

Menentukan Produk Akan Dipajang Dimana

Setelah membuat rencana bisnis, kamu bisa menentukan produk akan dipajang dimana saja. Apakah di marketplace A, B, C, media sosial atau bahkan ingin membuat toko online sendiri saja?

Dalam setiap marketplace bisanya memiliki perbedaan customer, entah dalam hal kebiasaan, biaya admin atau hal lainnya. Dan untuk membuat toko online sendiri, tentu akan ada biaya tambahan untuk proses pembuatan dan adaptasi dengan websitenya.

Merapikan Etalase Toko

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah merapikan etalase toko. Bagian ini akan menjadi hal yang cukup melelahkan apalagi jika produk yang kita jual ada banyak jenisnya. Pastikan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • mengunggah foto yang bagus, menarik dan tidak pecah
  • mengatur kategori produk
  • mengisi judul dan deskripsi masing-masing produk dengan detail, lengkap dan jelas
  • mengaktifkan gratis ongkir

Masih ada banyak yang mengabaikan hal-hal tersebut. Padahal ini akan menjadi nilai plus untuk toko dan bisa membuat customer memiliki pandangan kalau toko kita professional.

Melakukan Promosi

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan promosi. Melakukan promosi bisa dengan berbagai macam cara. Berikut ini adalah beberapa contoh melakukan promosi jualan online.

  • aktif di media sosial
  • melakukan paid promote
  • sering melakukan komunikasi dengan calon customer (membalas komentar)
  • memasang iklan di media sosial atau mesin pencari
  • bergabung dengan komunitas (misalnya menjual PC, bisa mencari banyak teman k-popers di media sosial)

Nah, bagaimana? Semoga artikel Cara Memulai Bisnis Jualan Online ini bermanfaat ya 🙂