Hello, AMPs

Seperti yang telah dibahas di artikel Apa itu google Ads dan bagaimana cara kerjanya? Ad Rank atau Peringkat Iklan adalah metrik yang digunakan Google untuk menentukan urutan iklan penelusuran berbayar yang ditampilkan di SERP.

Mengapa iklan Anda tidak mendapatkan banyak klik meskipun telah meningkatkan bid? Padahal Anda sudah menggunakan bahasa iklan yang menarik seperti promosi dan lainnya? Apa yang harus Anda lakukan? Jika ingin mengetahuinya Anda wajib membaca lebih lanjut apa itu Ad Rank atau gabung bersama kursus google adwords private online.

Mungkin selama ini Anda bergantung dengan nilai bid yang besar untuk menaikkan  posisi iklan, tetapi tahukan Anda bahwa faktor pendukung posisi iklan juga ditentukan quality score.

Jadi muncul atau tidaknya iklan anda ditentukan oleh Ad Rank  atau peringkat iklan, Ad Rank yang didapatkan dari Max Bid x Quality Score

Ad rank

Setelah Anda mengetahui apa itu Ad Rank serta faktor yang mempengaruhi Ad Rank adalah max bid dan quality score, Anda tentunya juga wajib mengetahui darimanakah diperoleh quality score itu sendiri.

Pada dasarnya Quality Score ditentukan oleh 3 komponen :

  1. CTR (Click Through Rate): CTR didapatkan dari berdasarkan iklan Anda yang sudah berjalan yaitu berapa jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah penayangan atau click/impressions.
  2. Ad Relevance : Seberapa relevan iklan Anda dengan apa yang dicari oleh pengguna, berapa banyak kata kunci yang cocok dengan teks iklan Anda, dan berapa banyak istilah pencarian pengguna yang sesuai dengan kata kunci yang sudah Anda tetapkan sendiri.
  3. Landing Page Experience: Ini dihitung berdasarkan beberapa faktor yaitu diantaranya berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di situs web Anda, apakah mereka langsung pergi saat setelah mengklik Anda tanpa mengklik ke halaman lainnya (Bounce Rate), ini biasa disebabkan website Anda lemot dan seberapa relevance landing page Anda dengan iklan yang dimunculkan.

Ada salah satu fakor lagi yang menentukan yaitu pengaruh ekstensi iklan yang Anda gunakan yah kawan kursus google adwords private online.

Ekstensi iklan adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan Ad Rank yang tinggi. Apakah bisnis Anda memiliki nomor telepon yang dapat dihubungi pengguna? Gunakan Ekstensi Panggilan sehingga mereka dapat menelepon langsung dengan hanya mengklik (jika pada perangkat seluler). Apakah bisnis Anda memiliki lokasi toko? Kemudian tambahkan Lokasi Maps  agar pengguna terdekat dapat dengan mudah menemukan Anda . Ada banyak lagi ekstensi yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan Ad Rank.

Supaya lebih mudah dipahami Anda bisa melihat gambar dibawah ini :

Ad-Rank-Simulasi

Bagaimana Rian yang menggunakan strategi Bid terbesar yaitu Rp. 4000 hanya berada diposisi 4, sedangakan Rika yang hanya memasang bid Rp. 2000 bisa berada diposisi teratas.

Sekian Artikel kali ini semoga bermanfaat, jika kalian tertarik belajar Google Ads dengan didampingi oleh tenaga profesional kalian bisa bergabung di Dumet School tempat kursus privat google ads online!

Kursus Internet Marketing Jakarta DUMET School

Download Ebook : Step untuk sukses

Masukkan nama dan email Anda lalu klik tombol download

Terimakasih sudah download, cek email Anda sekarang ! dan klik link konfirmasinya