Mempelajari internet marketing bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang bila Anda memiliki materi pembelajaran terpercaya dan cepat memahaminya. Tapi, akan susah jika tidak mempunyai sumber referensi dan mentor yang terpercaya. Walaupun demikian, tidak ada metode yang salah untuk mempelajari internet marketing sebab yang menjadi persoalan ialah seberapa efektifnya cara yang diterapkan.

Metode Belajar Internet Marketing

Ada empat metode belajar internet marketing yang bisa dicoba. Berikut ulasan efektifitas, kelebihan serta kekurangannya masing-masing:

  1. Belajar Secara Otodidak

Terkadang banyak yang menganggap belajar secara otodidak tidak efektif, tapi nyatanya tidak sedikit orang yang sukses dalam internet marketing dengan mengandalkan metode pembelajaran tersebut. Belajar secara otodidak bisa dilakukan dengan cara membaca artikel mengenai internet marketing, mengikuti diskusi di forum-forum atau bertanya pada orang yang telah berpengalaman. Dari situ, Anda bisa memperoleh banyak referensi, bahkan tak menutup kemungkinan untuk membuat strategi, trik dan inovasi baru atas percobaan yang dilakukan.

Kekurangan dari belajar otodidak ini ialah membuat Anda lelah karena harus berfikir dan mencari referensi sendisi serta bingung memulai materi dari mana.

  1. Belajar Melalui Seminar

Seminar adalah pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan pengetahuan dan referensi langsung dari ahlinya. Apalagi sekarang ini banyak yang mengadakan seminar atau workshop SEO, internet marketing dan sejenisnya. Tapi, pikirkan baik-baik sebelum mengikuti seminar, apakah otak Anda bisa menyerap informasi tersebut hanya dalam beberapa jam? Jadi, usahakan untuk memperoleh materi dalam bentuk cetak atau softcopy supaya bisa digunakan untuk mempelajarinya di rumah.

  1. Belajar Lewat Kursus Langsung dan Kursus Online

Kursus tidak hanya untuk bidang-bidang tertentu, seperti memasak, menjahit, menyetir dan sebagainya. Saat ini, Anda juga dapat mengikuti kursus internet marketing, baik secara langsung maupun online. Di kursus langsung, Anda akan berhadapan dengan mentor dan menerima banyak referensi. Model pembelajarannya seperti sekolah biasa dengan jadwal beberapa kali seminggu, sesuai kesepakatan. Metode ini sangat bagus karena Anda bisa mendengarkan serta mempraktekkan materi secara langsung dan bertahap.

Sedangkan belajar internet marketing lewat kursus online memiliki metode yang hampir sama dengan kursus langsung. Tapi, disini Anda berkomunikasi dengan mentor melalui internet, jadi bisa dilakukan di mana saja. Waktu belajarnya tergantung kesepakatan, bisa pagi, siang atau malam. Walaupun dilakukan secara online, akan tetapi Anda bisa mengadakan pertemuan dengan mentor untuk lebih lanjutnya.

Mempelajari internet marketing bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari bisnis online. Jadi, apapun metode yang Anda pilih, pastikan diterapkan dengan baik dan konsisten.